Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Silahturahmi dengan Dosen Pulang Kampung, Genius optimis generasi muda lirik sektor peternakan

24 Agustus 2022 | 24.8.22 WIB Last Updated 2022-08-24T12:30:49Z

Foto: Desi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengapresiasi edukasi yang dilakukan para dosen dari Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada warga Pariaman yang bertajuk "Dosen Pulang Kampung".

Edukasi dan pelatihan yang diberikan para dosen ini dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IPB tahun 2022, di Desa Pauh Timur, Pariaman Tengah.

"Kegiatan ini sangat bagus sekali guna memotivasi generasi muda yang berminat di bidang peternakan dengan membuka usaha peternakan kambing dan domba," kata Genius Umar saat silaturahmi dengan para doden di Balaikota Pariaman, Rabu (24/8).

Menurutnya, di Desa Pauh Timur sudah ada kelompok masyarakat yang mengelola peternakan kambing. Dengan edukasi yang diberikan dia yakin bisa meningkatkan pengetahuan dan pendapatan para peternak.

Dia berharap kegiatan tersebut bisa dilakukan di desa-desa lainnya karena dia yakin sektor peternakan memiliki peluang usaha yang berkembang.

"Peluang usaha yang bisa dikembangkan para generasi muda," ucapnya.

Dosen Vokasi IPB, Yuni Resti kebetulan merupakan salah seeorang putri dari Desa Pauh Timur. Yuni mengatakan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan kelompok peternak Desa Pauh Timur untuk pengembangan pakan smart hidroponik green fodder berbasis bahan baku lokal.

"Bagian dari kegiatan ini juga mengembangkan potensi peternakan, atau wirausaha muda yang bisa meningkatkan pendapatan masyarakat," kata dia.

Oleh karena itu, pihaknya menggandeng pengusaha kambing Madzia Ulhak dari Jawa Barat ke Kota Pariaman untuk memotivasi peternak muda Pariaman.

"Mudah-mudahan setelah terjadinya pertemuan ini, ada tindak lanjut dari Pemerintah Kota Pariaman untuk pengembangan usaha kelompok ternak dan generasi muda Kota Pariaman,”tandasnya. (Desi)

×
Berita Terbaru Update