Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Saksikan pariwisata terpopuler API, Mardison: Pacu Jalur Kuantan Singingi ibarat Bahoyak Tabuik

26 Agustus 2022 | 26.8.22 WIB Last Updated 2022-08-26T12:27:27Z

Foto: Erwin

Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin saksikan Festival Pacu Jalur di tepian Naraso Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Riau yang dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekraf, Sandiaga Uno, Kamis (25/8).

Menurut Mardison, pacu jalur ibaratnya pesta budaya Hoyak Tabuik di Pariaman yang diselenggarakan satu tahun sekali. Pacu Jalur bertemakan Hari Kemerdekaan karena selalu diselenggarakan bersamaan dengan Hari Kemerdekaan di bukan Agustus.

"Festival Pacu Jalur merupakan festival budaya tradisonal Kuantan Singingi dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI," kata Mardison.

Mardison bilang Pacu Jalur iven paling ditunggu masyarakat Kuansing. Bahkan ada kebiasaan warga Kuansing tak wajib pulang kampung saat lebaran, namun diwajibkan pulang saat iven Pacu Jalur.

"Ditambah lagi Pacu Jalur sempat ditiadakan dua tahun lantaran pandemi Covid-19 hingga penontonnya membludak hingga puluhan ribu orang," jelas Mardison.

Iven olah raga Pacu Jalur 2022 diikuti peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Bahkan sebelum Covid-19 negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina juga mendatangkan atletnya berlaga di iven yang menjadi ikon wisata Kuantan Singingi ini.

Sama halnya seperti Hoyak Tabuik Pariaman, Mardison mengaku Pacu Jalur telah menjadi magnet bagi para wisatawan.

"Ini budaya yang harus dijaga dan dilestarikan bersama. Jangan sampai budaya yang menjadi ikon Provinsi Riau ini luntur," kata dia.

Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung di sungai dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari pohon. Panjang perahu ini bisa mencapai 25 hingga 40 meter dan lebar bagian tengah kir-kira 1,3 hingga 1,5 meter. Dalam bahasa penduduk setempat, kata Jalur berarti Perahu.

Pacu Jalur sejenis lomba dayung tradisional khas daerah Kuansing yang hingga sekarang masih ada dan berkembang di Provinsi Riau. Bahkan, Pacu Jalur tradisional Kuantan Singingi ini dinobatkan sebagai pariwisata terpopuler di Indonesia di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API). (Erwin)

×
Berita Terbaru Update