Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius minta BPD ikut awasi dana desa

8 Agustus 2022 | 8.8.22 WIB Last Updated 2022-08-08T01:07:01Z


Pariaman - Dalam peningkatan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa Oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kota Pariaman lakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Ketua dan Sekretaris BPD se-Kota Pariaman.

Bimtek dibuka oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Sabtu (6/8/2022) pagi, di aula RM. Sambalado, yang didampingi Kepala DPMD, Hendri, dengan menhadirkan narasumber dari Kementerian Desa dan unsur terkait.

Dalam arahannya, Genius Umar, menjelaskan tentang pentingnya peran BPD dalam penyusunan dan pengawasan keuangan desa bersama kepala desa dan aparaturnya sebagaimana amanat  dari Permendagri Nomor 73 tahun 2020 tentang pengawasan pengelolaan keuangan desa.

“ BPD memiliki peran yang strategis bagi jalannya pemerintahan desa. Seiring dengan meningkatnya anggaran desa, kapasitas BPD juga harus terus ditingkatkan untuk memperkuat fungsi BPD sebagai pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa,” ujar Genius.

Dengan harapan, sambung Genius, hal ini nantinya mampu sebagai upaya peningkatan kapasitas Pengelolaan keuangan desa secara optimal dalam mengawasi dan mengawal jalannya pembangunan di desa serta secara transparansi, akuntabilitas, tertib dan disiplin anggaran.

Genius inginkan, tak hanya kepala desa saja, namun BPD juga harus tau tentang tuangan visi misi Kota Pariaman sebagaimana tertuang dalam RPJPMD.

“ Karena ini merupakan langkah singkronisasi program dari Pemerintah Kota Pariaman hingga ke tingkat desa yang tujuannya tak lain dan tak bukan ialah demi kesejahteraan masyarakat desa juga,” imbuh Genius lagi.

Sehingga nantinya, nsambung Genius, penyelenggaraan anggaran di desa nantinya tercapai secara partisipatif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang ada.

Adapun peserta bimtek, adalah utusan dari 55 desa yang ada di Kota Pariaman, dengan masing-masing desa mengirimkan Ketua dan Sekretaris BPD untuk melakukan bimtek.(Fadli)

×
Berita Terbaru Update