Dampingi Menpora, Genius optimis Kemenpora bantu Pariaman bangun sarana olah raga

Foto: Junaidi

Pariaman - Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainuddin Amali didampingi Dosen Pascasarjana UNP, Genius Umar mengatakan UNP dan UNAND siap menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Nasional (POMNAS) yang akan diselenggarakan mulai 11 hingga 19 November 2022 mendatang.

Hal itu dia sampaikan usai launching Venue Sport Center UNP di Kampus UNP, Air Tawar Barat, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang, Kamis (25/8).

"Sumatra Barat telah siap menjadi tuan rumah POMNAS ke XVII. Setiap venue yang akan melaksanakan pertandingan telah memenuhi syarat," ujar dia.

POMNAS sendiri, kata Menpora, akan diikuti lebih dari 5.000 atlet mahasiswa dari seluruh Indonesia. Ada 14 cabang olah raga yang akan dipertandingkan selama 8 hari pelasanaan. Mulai dari atletik, renang, bulutangkis, tenis, taekwondo, pencak silat, karate, tarung derajat, bola basket, voli, futsal, takraw, petanque dan panjat tebing.

Dosen Pasca Sarjana UNP yang juga Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan kedatangan Menpora akan memberikan dampak bagi dunia kepemudaan dan olah raga Sumatra Barat.

"Kedatangan beliau juga akan berimbas ke Kota Pariaman karena saat ini kita sedang membangun beberapa sport centre," kata Genius Umar.

Saat ini, sambung Genius, Kota Pariaman tengah melakukan renovasi Yout Centre di bekas GOR Rawang yang dihibahkan Pemkab Padangpariaman. Gedung itu nantinya akan menjadi pusat perkumpulan anak muda untuk beraktifitas dan berolahraga.

"Kita juga mengundang Bapak Menpora untuk meninjau langsung sarana olah raga yang ada di Kota Pariaman. Di tengah keterbatasan anggaran kami berharap bantuan dari Kemenpora," tuturnya.

Selain dihadiri langsung oleh Menpora, Mendikbud Ristek, Nadiem Makarim juga memberikan sambutan pada acara tersebut meski secara daring. Setelah dilakukan penandatanganan MoU antara UNP dengan Kemenpora. (Junaidi)