Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Besok Tabuik dihoyak, Genius siapkan personil pengaman dan rekayasa lalu lintas

13 Agustus 2022 | 13.8.22 WIB Last Updated 2022-08-13T02:22:21Z

Dokumentasi Hoyak Tabuik 2017. Foto: pariamantoday.com

Pariaman - Yakini puncak pesta budaya Hoyak Tabuik 14 Agustus 2022 dikunjungi ratusan ribu orang, Walikota Pariaman, Genius Umar siapkan area parkir dan pengaturan lalu lintas.

Di hari puncak tersebut, Genius menyiapkan jalur alternatif dan menutup sejumlah jalan. Area parkir disediakan tidak jauh dari panggung utama Hoyak Tabuik. Ratusan personil disiagakan sesuai dengan porsi tugasnya.

Hingga hari ini, kata Genius, persiapan pelaksanaan puncak Hoyak Tabuik sudah di atas 80 persen. Pemko juga menyediakan panggung bagi tamu VVIP yang nanti dihadiri walikota dan bupati se Sumatra Barat dan beberapa kepala daerah dari luar provinsi.

Selain itu, puncak Hoyak Tabuik akan dihadiri tamu dari kementerian. Pemko Pariaman masih menunggu konfirmasi kehadiran menteri apa saja yang akan menghadiri puncak Hoyak Tabuik.

"Kita juga telah menyiapkan personil pengamanan gabungan guna membantu lancarnya arus lalu lintas dan keamanan puncak acara," kata Genius di Pendopo Walikota Pariaman, Jumat (12/8).

Pesta budaya Hoyak Tabuik sudah dua tahun tidak digelar karena Pandemi Covid-19. Pada Hoyak Tabuik 2022 ini Genius meyakini sekaligus mengantisipasi membludaknya pengunjung. Penginapan dan homestay akan penuh, begitu juga dengan usaha kuliner yang akan laris (laku keras).

Puncak Hoyak Tabuik Pariaman 2022 bertepatan dengan hari Minggu 14 Agustus 2022. Pada Minggu subuh, kedua tabuik akan keluar dari Rumah Tabuik menuju Lapangan Merdeka Pariaman untuk dirakit menjadi Tabuik yang utuh, atau biasa disebut "Tabuik Naiak Pangkek".

Setelah Tabuik Naiak Pangkek, Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang lalu diarak menuju pelataran parkir Muaro Pariaman disambut panggung acara seremonial dan atraksi seni. Menjelang magrib, kedua Tabuik diarak dan dibuang ke laut. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update