Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman raih penghargaan Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia

22 Juli 2022 | 22.7.22 WIB Last Updated 2022-07-22T00:44:03Z

Foto: istimewa

Pariaman - Kota Pariaman meraih penghargaan "Kota Paling Berkelanjutan di Indonesia" dari Universitas Indonesia (UI) Green City Metric Rankings 2022, Kamis (21/7).

UI Green City Metric merupakan lembaga pemeringkatan kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang keberlanjutan yang diinisasi oleh UI Green Metric.

Penghargaan ini diserahkan secara hibrid melalui pengumuman UI Green City Metric Rangkings 2022 di Balai Sidang Universitas Indonesia, Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Menurut Walikota Pariaman, Genius Umar, hasil penilaian lembaga bergengsi itu karena melihat pembangunan di Kota Pariaman sesuai dengan kriteria penilaian mereka.

"Pembangunan dan kebijakan yang kita laksanakan dinilai pro program berkelanjutan. Baik di bidang infrastruktur maupun lingkungan hidup," kata Genius.

Di sisi lainnya, pembangunan juga mengedepankan atau memelihara keberlangsungan lingkungan sehingga sekali membangun dua program terlaksana.

"Supaya ekosistem tetap terjaga dan menjadi nilai tambah ekonomi bagi masyarakat karena berubah menjadi kawasan eco tourism," tambahnya.

Contoh berhasil di antaranya pembangunan Pariaman Mangrove Park dan Penangkaran Penyu. Di samping itu Pemko bersama komunitas pecinta lingkungan dan masyarakat juga punya komitmen yang sama merawatnya.

UI Green Metric sebagai institusi perguruan tinggi, kata Genius, mengambil peran penting meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan setiap daerah terkait pembangunan yang berkelanjutan.

"Dengan adanya penghargaan ini tentu kita berharap mempertahankannya dengan terus menjaga dan memelihara lingkungan hidup," ucapnya.

Melalui Surat Nomor S-207/UIGM/OTL/04/00/2022 dari UI Green City Metric, Kota Pariaman meraih predikat 6 bersama Kota Pare-Pare, Kota Madiun, Kota  Kediri, Kota Padang, dan Kota Semarang. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update