Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dinilai sukses, Ketua DPRD Agam ingin program Genius diaplikasikan di Agam

12 Juli 2022 | 12.7.22 WIB Last Updated 2022-07-12T15:07:21Z

Ketua DPRD Agam beserta rombongan disambut Asisten II Elfis Candra di Balaikota Pariaman. Foto: Erwin

Pariaman - Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan kunjungi Kota Pariaman untuk berbagi informasi cara meningkatkan ekonomi masyarakat pasca Pandemi Covid-19, Selasa (12/7).

Menurut dia, Kota Pariaman dan Agam memiliki program yang sama menggenjot pertumbuhan ekonomi yang dimulai dari tingkat keluarga. Terkhusus bagi keluarga miskin dengan cara memberikan pembinaan dan pelatihan, termasuk juga pengentasan masalah gizi buruk atau stunting serta pemberdayaan perempuan dan anak.

Sejauh ini, Novi Irwan mengaku Kota Pariaman memiliki sejumlah program sukses di bawah kepemimpinan Genius Umar - Mardison Mahyuddin. Kesuksesan tersebut patut ditiru dan diaplikasikan di Kabupaten Agam.

"Banyak program yang dibuat Pemko Pariaman berjalan sukses dan kami ingin mengaplikasikannya di Kabupaten Agam," kata Novi.

Kepala Dinas P3AKB Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit membagikan resep pemberdayaan ekonomi masyarakat yang telah diaplikasikan Kota Pariaman sejauh ini.

Pemko Pariaman membangun ekonomi dengan ketahanan keluarga. Selain itu program juga menyasar perlindungan terhadap perempuan dan anak dengan mendirikan DRPPA.

DRPPA atau Desa Ramah Perempuan dan Perlindungan Anak, kata Gusniyetti Zaunit adalah desa yang mengintegrasikan perspektif gender dan hak anak ke dalam tata kelola penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, berkelanjutan.

"Tujuannya adalah untuk memperkecil kesenjangan gender, meningkatkan peran aktif perempuan terutama dalam  bidang politik, hak perempuan dalam pengambilan keputusan dan hak meningkatkan perekonomian," kata mantak kepala dinas Kominfo Kota Pariaman itu.

Salah satu indikator keberhasilan pembangunan dan pengembangan DRPPA, sambung dia, adanya pembiayaan dari keuangan desa dan pendayagunaan aset desa untuk mewujudkan DRPPA melalui pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di desa, serta meningkatnya peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan dan pendidikan anak.

Dikatakan Gusniyetti, ada beberapa desa yang menjadi model DRPPA di Kota Pariaman yakni Desa Bungo Tanjung Pariaman Timur, Desa Rawang Pariaman Tengah, Desa Padang Cakur Pariaman Selatan dan Desa Sikapak Timur di Pariaman Utara. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update