Dihadiri Kajari Bukittinggi, Anniversary ke-4 Xaroman di Harau Payakumbuh berlangsung sukses dan meriah

Foto: Ajo Afdal

Payakumbuh - Anniversary ke-4 komunitas otomotif X-Trail Ronah Minang atau Xaroman berlangsung sukses dan meriah. Ulang tahun komunitas pecinta mobil SUV besutan Nissan ini digelar Tampuo Cottage, Harau, Payakumbuh selama dua hari, 25-26 Juni 2022.

Komunitas Xaroman sendiri hingga saat ini memiliki lebih dari 90 member yang tersebar dari berbagai daerah di Sumatra Barat dan beberapa chapter di Pulau Jawa. Dalam anniversary ke-4 tersebut, puluhan kendaraan dari seluruh chapter di Sumatra Barat ambil andil menghadiri acara yang paling ditunggu-tunggu anggota kumunitas itu.

Xaroman konvoi dan santai sejenak di Kelok 9. Foto: Ajo Afdal

Bahkan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kota Bukittinggi, Ferizal juga hadir dan ikut membaur dengan member Xaroman lainnya.

Sebagaimana biasanya setiap acara yang diadakan komunitas Xaroman, selalu diawali dengan rolling thunder - konvoi secara teratur. Iring-iringan kendaraan melaju pelan dimulai dari jalan protokol Kota Payakumbuh menuju Kelok 9 di Limapuluh Kota dan kembali finish di lokasi acara, Harau Wisata Payakumbuh.

Foto: Ajo Afdal

Ketua Umum Xaroman, Buyung, mengatakan setiap acara yang diselenggarakan komunitas Xaroman juga dalam rangka mendukung pariwisata Sumatra Barat. Pihaknya selalu berupaya ikut mempromosikan destinasi-destinasi wisata di setiap daerah yang dikunjungi.

"Prinsipnya kami bangga dengan Ranah Minang. Sebagai putra daerah kita akan terus berupaya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Sumatra Barat dalam setiap iven yang kita gelar," kata Buyung di Payakumbuh, Senin (27/6).

Beberapa tempat yang pernah dijadikan Xaroman dalam berkegiatan, terang Buyung, di antaranya Kawasan Mandeh Pesisir Selatan, Rumah Pohon Tabek Patah Tanah Datar, Ngarai Sianok Bukittinggi, Kawasan Kandih Sawah Lunto, Pantai Gandoriah, Talao Pauah dan Konservasi Penyu di Kota Pariaman.

"Di sana (berbagai lokasi yang dikunjungi) kita bikin vlog untuk diunggah di akun ofisial Xaroman. Seperti di Youtube, Instagram dan Facebook. Intinya memajukan pariwisata Sumbar adalah salah satu visi misi kami di Xaroman," kata Buyung.

Selain itu, sambung Buyung, komunitas juga rutin mengadakan kegiatan amal, seperti bakti sosial dengan menyantuni anak yatim di berbagai Panti Asuhan.

"Kita juga hadir di Pasaman membantu saudara-saudara kita yang kena musibah gempa bumi," terangnya.

Buyung menegaskan Xaroman sebagai salah satu komunitas otomotif di Sumatra Barat tidak akan bosan membuat kegiatan bermanfaat yang membawa imbas positif bagi masyarakat. Xaroman akan terus mengeksplorasi sekaligus mengendors destinasi-destinasi wisata berbeda di Sumatra Barat.

"Karena motto kami di Xaroman adalah "Badunsanak Salamonyo". Dunsanak kita tersebar di berbagai chapter kota dan kabupaten yang memiliki potensi wisata berbeda. Ini jadi tanggung jawab keluarga besar Xaroman turut ikut mempromosikannya," pungkas Buyung.

Kajari Bukittinggi, Ferizal mengaku mendukung acara tersebut. Dia bahkan memuji kekompakan anggota komunitas yang tidak saja kompak antar sesama member, tapi juga dengan keluarga yang mereka bawa dalam acara itu.

"Jaga selalu kekompakannya. Jaya selalu untuk Xaroman," kata Ferizal.

Berdirinya Xaroman diawali pada 27 Juni 2018 dan dideklarasikan di Aroma Kitchen di Padang. Berawal terbentuknya komunitas karena seringnya kumpul bersama sesama pengguna mobil Nissan X-Trail. Pemilihan nama X-Trail Ronah Minang juga tidak kebetulan, karena Xaroman merupakan representasi pencinta X-Trail yang sasaran membernya orang Minang di seluruh Tanah Air dalam satu wadah (reservoir).

Hingga saat ini, member aktif Xaroman terus bertambah dan mendekati angka 100 kendaraan yang tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Sumatra Barat dan luar provinsi. Di antaranya Jambi dengan Chapter Batang Hari I yang meliputi Tanjabbar, Tanjabtim, Batang Hari, Muaro Jambi dan Kota Jambi, lalu Chapter Batang Hari II meliputi Tebo, Bungo, Kerinci, Merangin dan Sarolangun.

Untuk Chapter Depok Raya meliputi Depok Raya yang di dalamnya termasuk para member yang berdomisili di Jabodetabek dan umumnya para member perantau Minang yang berdomisili di Jabodetabek.

Lalu XAROMAN Sumatra Barat meliputi Chapter Bingkuang atau kota Padang, Chapter Tabuik meliputi Padangpariaman dan Kota Pariaman, Chapter Bareh Solok meliputi Kabupaten Solok dan Kota Solok, Chapter Pamalayu Dharmasraya, serta Chapter Kota Arang meliputi Sawahlunto dan Sijunjung.

Selanjutnya ada Chapter 1000 Rumah Gadang Solok Selatan, Chapter Pagaruyung meliputi Tanah Datar dan Padangpanjang, Chapter Jam Gadang meliputi Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam, Chapter Talamau yang di dalamnya member Pasaman dan Pasaman Barat, serta Chapter Paliko meliputi Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. (Ajo Afdal/OLP)