Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

16 anak Pariaman akan kuliah di Telkom, Rektor Tel U apresiasi program Sagasaja

3 Juni 2022 | 3.6.22 WIB Last Updated 2022-06-03T13:10:47Z

Foto: Desi

Pariaman - Pemko Pariaman teken perjanjian kerja sama (PKS) penerimaan mahasiswa baru bagi putra-putri Kota Pariaman di Universitas Telkom di Balaikota Pariaman, Jumat (3/6).

PKS tersebut juga sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dengan Telkom University (Tel U) sebelumnya.

Dalam acara tersebut juga dihadirkan para calon mahasiswa asal Kota Pariaman yang lolos seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada April 2022 lalu.

"Alhamdulillah dari seleksi ini berhasil lolos sebanyak 16 orang. 8 orang dari program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja), dan 8 orang lagi lolos lewat jalur mandiri," kata Walikota Pariaman, Genius Umar.

Genius berharap 8 orang yang lolos di Tel U mendapat banyak kemudahan dan keringanan dari kampus swasta terbaik di indonesia ini.

"Mudah-mudahan setelah mereka digembleng selama 3 tahun nanti, mereka mempunyai skill, attitude, karakter dan berdaya saing nasional sehingga menjadi generasi yang unggul sekaligus membawa derajat keluarganya menjadi lebih baik lagi,” sambung Genius.

Sementara akibat keterbatasan anggaran dan PAD Pemko Pariaman, pembiayaan program Sagasaja tidak hanya ditanggung Pemko Pariaman saja, tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab semua pihak.

Sagasaja sendiri telah dimulai sejak 2018 dengan jumlah mahasiswa 182 orang yang kuliah pada perguruan tinggi vokasi yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman. Generasi pertama Sagasaja sudah 19 orang telah diwisuda di 2022.

Rektor Telkom University, Prof. Dr. Adiwijaya mengaku senang dengan kerjasama itu karena dengan pendidikan tidak hanya akan membangun Kota Pariaman namun juga membangun Indonesia.

Ia juga senang bisa langsung dipertemukan dengan mahasiswa program Sagasaja Kota Pariaman dan terharu mendengar perjuangan mereka agar bisa ikut dalam seleksi Tel U.

Menurutnya, Genius Umar tidak salah memilih Tel U sebagai tempat mendidik anak-anak Kota Pariaman demi kemajuan mereka di masa depan.

"Kami akan serius mengajar mereka untuk membangun karakter mereka, agar memiliki kemandirian, semangat, dan motivasi. Jangan sia-siakan kesempatan ini, tunjukan kepada anak-anak yang lainnya bahwa Kota Pariaman mampu menyekolahkan anak-anak mereka di universitas terbaik yang ada di Indonesia ini,” kata Adiwijaya.

Salah seorang mahasiswa program Sagasaja yang lolos seleksi Tel U, Jihan (20 th) dari Desa Naras 1 Kecamatan Pariaman Utara, mengaku bahagia bisa lolos seleksi tersebut.

“Terimakasih kepada Pemko Pariaman yang telah membantu kami mewujudkan keinginan kami melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, apalagi perguruan tinggi ternama seperti Tel U ini. Saya janji akan berusaha sekuat tenaga untuk bisa memberikan yang terbaik kepada kedua orang tua dan Pemko Pariaman dengan belajar sungguh-sungguh sehingga bisa meraih prestasi yang membanggakan bagi mereka semua,” kata Jihan. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update