TPO for Asia Pasifik meeting, Genius: Bangkitnya pariwisata Indonesia karena regulasi lebih fleksibel

Foto: Dewi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan sektor pariwisata akan mengambil peran penting dalam upaya percepatan pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Hal itu ia sampaikan selaku Co Presiden Tourism Promotion Organization for Asia Pacific Cities (TPO) dalam rapat virtual eksekutif TPO ke-38, Kamis (12/5).

Saat ini, kata Genius, Indonesia mengalami banyak bencana, terutama bencana kesehatan pandemi Covid-19 sejak 2020. Akibatnya, industri pariwisata runtuh yang menyebabkan lonjakan jumlah pengangguran.

Karena pentingnya peran sektor pariwisata dalam upaya pemulihan ekonomi, kata dia, diperlukan upaya stimulasi terhadap industri kreatif sekaligus menciptakan lapangan kerja.

Sementara tahun 2022 ini, ungkap Genius, merupakan momentum kebangkitan sektor pariwisata nasional dan hal tersebut sudah terlihat dari tingginya tingkat kunjungan dan kepercayaan wisatawan seiring faktor vaksinasi dan relaksasi perjalanan.

Genius memprediksi pariwisata Indonesia akan stabil pada tahun 2024. Di samping itu muncul tren balas dendam turis (revenge tourism) akibat berlarut-larutnya pandemi hingga mendorong wisatawan yang telah lama terkekang segera melakukan perjalanan.

Kunci penting untuk bangkit bersama mengembalikan industri pariwisata, imbuhnya adalah melalui adaptasi, inovasi dan kolaborasi antar sektor. Hal itu juga disambut baik oleh para pelaku industri pariwisata.

"Langkah lain yang dapat dilakukan yaitu program wisata private pada masa transisi perubahan status pandemi menjadi endemic dan bekerja sama dengan pubik figur asing dalam upaya meningkatkan kepercayaan wisatawan mancanegara terhadap pariwisata Indonesia,“ pungkasnya.

TPO adalah organisasi bergengsi bagi walikota, bupati se Asia Pasifik dan telah berdiri sejak 2002. TPO berfungsi sebagai jaringan antar kota, mempromosikan pertukaran dan pengembangan industri pariwisata di antara kota-kota besar di kawasan Asia Pasifik.

TPO sendiri beranggotakan 15 negara dengan 136 anggota kota di seluruh dunia. Rapat eksekutif ini juga dihadiri Sekjen WOO Kyoung Ha, komite eksekutif dan seluruh anggota TPO. Untuk Indonesia, hanya diikuti oleh dua daerah. Yakni Kota Pariaman dan DKI Jakarta.
(Dewi/OLP)