Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pulau Angsoduo banjir pengunjung, puluhan drone Youtuber melangit abadikan wisata Pariaman

5 Mei 2022 | 5.5.22 WIB Last Updated 2022-05-05T12:23:47Z

Foto: istimewa/dokumentasi/republika

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar mengimbau pedagang dan pengunjung Pulau Angsoduo agar selalu menjaga kebersihan pulau yang menjadi maskot baru pariwisata Kota Pariaman ini, Kamis (5/5).

"Pelaku jasa pariwisata harus mampu memberikan kenyamanan kepada pengunjung dengan tetap menjaga kebersihan pulau," kata Genius Umar saat melakukan gotong royong di Pulau Angsoduo bersama jajaran dan sejumlah pelaku wisata.

Genius sengaja datang pagi-pagi diikuti istri dan anak-anaknya untuk melihat kondisi pulau yang memiliki makam panjang Katik Sangko ini. Selama Lebaran terjadi peningkatan hingga lebih dari tiga kali lipat dibandingkan hari libur biasa.

Pada kesempatan itu, Genius menyempatkan diri menyapa pengunjung yang kebanyakan dari luar daerah. Ada yang dari Provinsi Riau, Jambi, Jakarta dan berbagai daerah dalam provinsi Sumatra Barat.

"Tadi saya sempat berbincang dengan wisatawan dari Riau dan Jambi yang sudah antri sejak pagi membeli tiket keberangkatan. Antrian tiket ke pulau sudah antri sejak pagi," ungkap Genius.

Genius menuturkan, untuk menjaga keamanan wisatawan, pihaknya telah menyiagakan petugas patroli laut dan infrastruktur penunjang. Selain itu, setiap kapal pengangkut juga telah lulus uji kelaikan.

"Kita juga terus memantau kondisi cuaca. Kami akan menutup pulau jika cuaca buruk seperti kemarin karena keselamatan penumpang nomor satu," kata dia.

Sementara untuk pembelian tiket dan keberangkatan, Genius memastikan pihaknya hanya membuka satu pintu pemberangkatan di Muaro Gandoriah Pariaman.

Kapal dan nahkoda juga telah mendapatkan kelulusan uji kelaikan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur.

"Saat ini tersedia 19 armada kapal melayani antar jemput ke Pulau Angsoduo. Setiap kapal tidak boleh menaikkan penumpang melebihi kapasitas yang telah ditentukan," tegasnya.

Riki, warga Tanah Datar mengaku antusias mengunjungi Pulau Angsoduo. Ia bersama rombongan berjumlah 12 orang sudah membeli tiket sejak pagi dan menikmati perjalanan sejauh 1,6 mil itu.

"Biasa nonton lewat Youtube, akhirnya sampai juga ke pulau ini. Pantas saja orang berbondong-bondong ke sini. Memandang daratan dari pulau sangat berbeda, indahnya luar biasa," kata dia.

Riki juga akan mendokumentasikan pengalaman dan perjalanannya ke Pulau Angsoduo dan akan diunggah di kanal Youtube. Ia menyebut ada puluhan Youtuber hari ini berkunjung ke Pariaman. Dari tadi ia melihat sudah puluhan drone melangit mengambil gambar.

"Kita bawa drone, gimbal dan GoPro. Tapi lupa bawa kamera underwater karena saya tidak menyangka ada spot bawah laut menarik di belakang Pulau Angsoduo," kata dia. (OLP)

×
Berita Terbaru Update