Genius bagikan tips Pariaman terpilih jadi kota terinovatif 2 kali berturut dalam HUT APEKSI

Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar membagikan tips Kota Pariaman sebagai kota paling inovatif dua tahun berturut-turut di Indonesia dalam forum sekaligus HUT Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) ke-22 di Lampung, Jumat lalu (27/5).

Menurutnya, penghargaan itu diraih karena pihaknya melakukan kolaborasi yang intensif dengan berbagai pihak untuk membangun daerah yang dipimpinnya. Dengan kolaborasi dan berbagai inovasi yang dihasilkan, Pariaman berhasil meraih penghargaan nasional bergengsi tersebut.

"Kita banyak melakukan kolaborasi dan inovasi hingga berhasil meraih Kota Terinovatif Inovasi Govermnet Award (IGA) dari Kemendagri sejak tahun 2020," kata Genius.

Selain itu, Genius terus berupaya meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM) bersamaan dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui sejumlah program unggulan daerah.

Untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pihaknya memberikan pelatihan dan kerjasama dengan lintas sektor agar UMKM terus eksis dan berkembang. Bahkan di beberapa desa/kelurahan telah dibangun galeri UMKM.

Selain itu, guna mempercepat sindikasi pasar, Pemko Pariaman menjalin kejasama dengan marketplace Tokopedia sejak 2019 dengan nota kerjasama keduabelah pihak.

"Ini akan menjadi sebuah peluang besar bagi UMKM Kota Pariaman bersaing dengan UMKM dari daerah lainnya," ungkapnya.

Selain peningkatan pertumbuhan UMKM, sesuai dengan visi Kota Pariaman Sebagai Kota Tujuan Wisata, Perdagangan, Jasa yang Religius dan Berbudaya, pihaknya juga sedang giat-giatnya menjadikan pariwisata sebagai daya ungkit pertumbuhan ekonomi.

"Pariwisata sudah menjadi primadona pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman, termasuk UMKM dan industri kreatif. Sektor ini menyumbang pertumbuhan ekonomi hingga 2,96 persen di saat daerah lain mengalami minus akibat pandemi Covid-19," ungkapnya.

Terkait pemanfaatan peran pemuda dalam pembangunan Genius menyebut salah satu misinya ketika maju dalam Pilkada 2018 lalu akan membuat program unggulan untuk pemuda dengan membangun Youth Center yang saat ini telah direalisasikan.

Forum Youth Center menghimpun pemuda yang ada di Kota Pariaman dalam berbagai hal. Baik dalam hal organisasi, hobi, enterprenuer dan olahraga.

"Di era digitalisasi saat ini pemuda harus bisa memanfaatkannya menjadi peluang, dan Gedung Youth Center yang telah kita bangun menjadi ajang unjuk kebolehan berbagai komunitas pemuda," sambungnya.

Selain itu, imbuh Genius, Kota Pariaman juga mempunyai Asean Youth Park yang dibangun pada 2017 lalu, sebagai sombol persatuan pemuda ASEAN. Masiing-masing bendera negara ASEAN selalu berkibar di tugu itu.

Hal ini, kata Genius, sebagai tindak lanjut penandatanganan Prasasti Pemuda Asean yang digagas DPD KNPI dan Karang Taruna Kota Pariaman bekerjasama dengan Majelis Belia Malaysia yang mendatangkan pemuda dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Philipina, Thailand dan Laos, yang berkunjung ke Kota Pariaman 2016.

Ketua APEKSI, Bima Arya mengatakan pertumbuhan UMKM akan didorong di kota masing-masing peserta. Walikota Bogor itu menjelaskan, HUT ke-22 APEKSI menjadi momen yang tepat untuk mendorong pertumbuhan UMKM apalagi Indonesia mulai memasuki endemi Covid-19.

"Jadi kita merapatkan barisan, menjemput peluang dan mendorong sama-sama pertumbuhan UMKM di kota masing-masing, pemulihan ekonomi akan terjadi di kota-kota di Indonesia," katanya

Menurut Bima, semua pemerintah kota harus bisa berkolaborasi dengan semua pihak untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

"Karena tidak akan cukup jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," ujarnya.

HUT APEKSI diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 27 hingga 29 Mei 2022, dan mengangkat isu mengenai pertumbuhan UMKM dan Pemuda sebagai program pertama. (Juned/OLP)