Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satu-satunya dari Sumbar, Genius terima penghargaan nasional dari Kemen PAN RB

5 April 2022 | 5.4.22 WIB Last Updated 2022-04-05T12:33:06Z

Walikota Pariaman, Genius Umar menerima Penghargaan SAKIP dan RB Award 2021 dari Kemen PAN RB dan diserahkan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini. Foto: Junaidi

Pariaman - Kinerja Walikota Pariaman, Genius Umar kembali diakui Pemerintah Pusat. Kali ini ia menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) atas Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB).

Kota Pariaman juga satu-satunya daerah di Provinsi Sumatra Barat yang menerima penghargaan bergengsi dari Kemen PAN RB itu.

Penghargaan SAKIP dan RB Award 2021 tersebut diserahkan oleh Sekretaris Kementerian PAN RB, Rini Widyantini didampingi sejumlah Deputu kepada Walikota Pariaman, Genius Umar di Jakarta, Selasa (5/1).

Menurut Rini Widyantini, penyerahan award setelah pihaknya melakukan serangkaian proses evaluasi akuntabilitas kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi pada seluruh instansi pemerintahan.

"Salah satu tujuan penyelenggaraannya adalah untuk menunjukan kepada masyarakat bahwa reformasi birokrasi telah memiliki hasil yang nyata, birokrasi terus berbenah menuju terciptanya good governance," kata dia.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP dan RB Award 2021 dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan pihaknya kepada instansi pemerintah yang telah mampu menunjukkan berbagai perubahan dan inovasi dalam tata kelola pemerintahannya.

Evaluasi RB, tutur dia, diselenggarakan untuk mengetahui perbaikan-perbaikan di seluruh aspek birokrasi agar tujuan dari reformasi birokrasi, yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel, dan mampu memberikan layanan prima pada masyarakat bisa diwujudkan.

"SAKIP digunakan untuk mengetahui apakah kementerian/lembaga/pemerintah daerah mampu melakukan efisiensi dan efektivitas dalam penggunaan anggaran," jelasnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder dan jajaranya yang telah bekerja dengan baik sehingga Kota Pariaman mendapat penghargaan SAKIP dan RB Award 2021.

"Alhamdulillah, Kota Pariaman mendapat nilai B (Baik) dari Kemen PAN RB, dan kita menjadi satu-satunya utusan dari Provinsi Sumatera Barat untuk menerima secara langsung penghargaan ini di Jakarta," ujarnya.

Genius Umar mengatakan sebanyak 44 perwakilan dari instansi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota, menerima penghargaan tersebut secara langsung.

"Dengan penghargaan ini semoga reformasi birokrasi Kota Pariaman sesuai dengan yang diinginkan oleh Kemen PAN RB. Yaitu birokrasi yang ideal, bebas dari KKN, kapabel, bebas dari korupsi dan mampu memberikan layanan prima yang pada masyarakat, bisa kita wujudkan di Kota Pariaman," pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update