Salat Id dan malam Takbiran di Lapangan Merdeka: Pemko siapkan lahan parkir luas

Suasana malam Takbiran 2017 di depan Tugu Tabuik Pariaman. Foto: istimewa

Pariaman - Pelaksanaan salat Idul Fitri atau Lebaran pertama Kota Pariaman hampir pasti dilangsungkan pada hari Senin, 2 Mei 2022 di Lapangan Merdeka Pariaman, tiga hari dari sekarang, 29 April 2022.

Selain salat Id, malam Takbiran juga akan dilangsungkan di lapangan yang baru digunakan kembali Pemko Pariaman semenjak tahun 2008 silam tersebut.

Menurut Walikota Pariaman, Genius Umar, mengaktifkan kembali pelaksanaan Salat Id di Lapangan Merdeka merupakan kehendak masyarakat Pariaman. Tidak hanya aspirasi warga Kota Pariaman, tapi juga Padangpariaman.

"Tidak hanya warga Kota Pariaman yang ingin melaksanakan salat Id di Lapangan Merdeka, tapi juga dari Lubuk Alung, Sungai Limau dan wilayah Padangpariaman lainnya," kata Genius Umar di Pariaman, Jumat (28/4).

Sedangkan untuk pelaksanaan malam Takbiran pada Minggu malam 1 Mei 2022, Pemko Pariaman telah mengatur dan membuat pesiapan matang. Seperti meminta izin penggunaan bekas komplek kantor bupati kepada Pemkab Padangpariaman dan menyiapkan lokasi parkir.

Untuk kawasan parkir malam Takbiran dan salat Id berlokasi di area parkir Muaro atau bekas terminal oplet Muaro yang berdekatan dengan Lapangan Merdeka. Di lokasi tersebut bisa muat sekitar 80 mobil dan lebih dari 100 kendaraan roda dua. Dari lokasi parkir para jemaah cukup jalan kaki tidak lebih dari 50 meter dengan melintasi rel kereta api.

Dalam pantaun wartawan hingga hari ini, jumlah kendaraan pemudik yang hilir mudik di Kota Pariaman semakin banyak. Diperkirakan akan terus bertambah hingga H+3 karena sebagian pemudik ada juga yang memilih pulang hari pertama Lebaran. (OLP)