GOW Pariaman berikan trauma healing bagi korban gempa Pasaman

Foto: Erwin

Pariaman - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Pariaman berikan trauma healing bagi anak-anak dan perempuan korban gempa Pasaman, Selasa lalu (29/3). Trauma healing difokuskan di Jorong Tanjuang Beruang dan Pasa Lakuak Nagari Kajai, Kecamatan Talamau, Pasaman Barat.

Ketua GOW Kota Pariaman, Indriati Mardison mengatakan trauma healing atau proses penyembuhan pasca trauma diperlukan bagi anak-anak dan perempuan korban gempa agar tidak tidak mengalami trauma berkepanjangan.

Trauma sendiri, terang Indriati, berupa tekanan emosional dan psikologis besar karena kejadian atau sebuah peristiwa. Jika tidak disembuhkan bisa menyebabkan gangguan pada emosional karena rasa takut masih mengendap di alam bawah sadar.

"Bersama Forum Anak Kota Pariaman kita lakukan trauma healing, khusus bagi anak-anak dan ibu-ibu korban gempa," kata Indriati di Pariaman, Jumat (1/4).

Kaum ibu sendiri, sambung Indriati, perlu mendapatkan kesembuhan pasca trauma karena kaum ibu merupakan tumpuan keluarga.

Dalam proses trauma healing, terang istri wakil walikota ini, ada banyak cara. Cara paling efektif adalah dengan memotivasi mereka agar bangkit kembali. Proses trauma healing dilakukan oleh ahli yang telah berpengalaman di bidang tersebut.

"Selain itu kita juga mengajak para ibu agar bersabar karena segala bentuk bencana merupakan ujian dari Allah SWT. Kota Pariaman sendiri pada 2009 juga mengalami hal yang sama, gempa besar yang juga menghancurkan ribuan rumah warga dan hampir 80 persen bangunan mengalami kerusakan besar hingga sedang," kata dia.

GOW Kota Pariaman juga membawa bantuan berupa buku bacaan dan alat tulis untuk anak-anak, sembako dan kebutuhan lainnya untuk meringankan beban para pengungsi korban gempa bumi tersebut. (Erwin/OLP)