Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius salurkan BLT Migor, Desa Marabau mulai produksi minyak tanak kelapa

12 April 2022 | 12.4.22 WIB Last Updated 2022-04-12T12:30:45Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Pemko Pariaman salurkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) sekaligus BLT minyak goreng (Migor) bagi 4.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se Kota Pariaman di Kantor POS Pariaman, Selasa (12/4).

Untuk PKH, masing KPM akan menerima Rp 600.000 ditambah bantuan sosial BLT minyak goreng Rp 300.000 per bulan.

"Jadi setiap KPM langsung akan menerima uang tunai sebesar Rp 900.000," ungkap Walikota Pariaman, Genius Umar.

Sedangkan untuk penyalurannya, kata Genius, dibagi per kecamatan. Untuk hari ini PKH dan BLT diterima khusus warga dari Kecamatan Pariaman Utara. Sedangkan tiga kecamatan lainnya menunggu giliran karena untuk penyalurannya, Pemko Pariaman telah bekerjasama dengan Kantor POS Pariaman.

Genius mengklaim BLT minyak goreng baru disalurkan Kota Pariaman untuk wilayah Sumatra Barat. Kota Pariaman juga daerah tercepat dalam penyaluran bantuan tersebut skala nasional.

"PKM penerima BLT minyak goreng langsung dibayarkan untuk tiga bulan terhitung sejak bulan Januari, Februari dan Maret 2022," imbuhnya.

Dengan penyaluran yang cepat, Genius berharap dapat membantu perekonomian masyarakat di bulan puasa ini apalagi sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan harga.

BLT minyak goreng sendiri merupakan kebijakan khusus Presiden Joko Widodo menyikapi lonjakan harga minyak goreng di pasaran. Pemberian BLT tersebut serentak dilakukan di seluruh Indonesia melalui Kementerian Sosial.

Genius ajak masyarakat kembali membuat minyak tanak kelapa

Minyak goreng kemasan dan minyak goreng curah saat ini seluruhnya diproduksi dari minyak kelapa sawit. Kenaikan harga minyak goreng juga tidak terlepas dari lonjakan harga kelapa sawit.

Menurut Genius, sejumlah desa di Pariaman telah memulai membuat minyak tanak dari buah kelapa. Ia akan melakukan sosialisasi agar setiap desa yang ada melakukan hal yang sama, memproduksi minyak tanak.

Minyak tanak sendiri sebenarnya memiliki kualitas relatif lebih baik dari minyak yang berasal dari kelapa sawit. Kelebihan minyak tanak dari kelapa memiliki warna lebih terang, lebih wangi dan memberi cita rasa lebih pada masakan. Selain itu minyak kelapa juga baik untuk pertumbuhan rambut jika dijadikan minyak oles.

"Desa Marabau mulai memproduksi minyak tanak. Ini adalah solusi atas mahalnya minyak goreng," kata Genius. Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update