Kemen PAN RB beri penghargaan kategeri sangat baik ke DPMPTSP Naker Pariaman

Foto: Junaidi

Pariaman - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMPTSP dan Naker) Kota Pariaman meraih penghargaan dengan predikat "Sangat Baik" dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN RB).

Dinas ini berhasil memperoleh nilai A hasil evaluasi kinerja pelayanan publik Kemen PAN RB. Penghargaan ini juga pertama kalinya diterima dinas itu sejak instansi tersebut dibentuk.

"Ini penghargaan pertama yang kita terima dengan nilai A atau kategori sangat baik," ujar Kepala DPMPTSP dan Naker Kota Pariaman, Noviardi di Pariaman, Jumat (11/3).

Penghargaan tersebut, kata dia, hasil dari penilaian kinerja pelayanan publik setiap daerah tahun 2021. Dia mengaku bangga berhasil meraih penghargaan itu karena di masa pandemi pihaknya dinilai tetap meningkatkan kinerja pelayanan publiknya.

"Kemen PAN RB melakukan survei langsung pada Agustus hingga November 2021 lalu," kata dia.

Saat melakukan survei, penilaiannya meliputi enam aspek. Mulai dari kebijakan pelayanan, profesionalisme sumberdaya manusia, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik dan konsultasi pengaduan, serta inovasi.

Sementara itu, Menteri PAN RB Tjahyo Kumola saat memberikan penghargaan mengingatkan agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah terus meningkatkan kualitas pelayanan publik.

"Setiap aparatur negara harus mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata dia di Jakarta Selasa lalu (8/3).

Dia mengutip pesan presiden bahwa jiwa melayani dan membantu masyarakat wajib ditanamkan dalam diri setiap aparatur.

"Bukan zamannya lagi aparatur negara seperti pejabat di zaman kolonial yang minta dilayani karena untuk saat ini ASN harus melayani," kata dia. (Juned/OLP)