Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius lantik 18 kades terpilih yang perlu pendampingan dalam mengelola dana desa

15 Maret 2022 | 15.3.22 WIB Last Updated 2022-03-14T20:03:37Z

18 kepala desa terpilih diambil sumpah di Balaikota Pariaman. Foto/Rika

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meminta kepada 18 kepala desa terpilih agar menyesuaikan RPJMDes desa mereka dengan 19 program unggulan Kota Pariaman.

"Sesuai dengan visi misi saat kampanye kepala desa dan selaras dengan 19 program unggulan Kota Pariaman," kata Genius Umar saat melantik 18 kepala desa terpilih hasil Pilkades Serentak Pariaman 12 Februari 2022 di Balaikota Pariaman, Senin (14/3).

Selanjutnya, imbau Genius, para kepala desa juga saling koordinasi dengan Camat dalam menjalankan roda pemerintahan desa demi mewujudkan janji kampanyenya.

Dia kembali mengingatkan keterbatasan anggaran akibat pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kepala desa harus bisa mengelola partisipasi masyarakat agar ikut serta dalam pembangunan.

"Pola partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan sangat diperlukan di tengah keterbatasan anggaran. Kepala desa mesti mengelola partisipasi masyarakat dalam hal ini," terangnnya.

Genius juga mengimbau agar kepala desa terpilih juga mengikuti pelatihan yang nanti akan diselenggarakan Pemko Pariaman. Pelatihan yang fokus pada cara mengelola pemerintahan dan regulasi keuangan daerah dibimbing langsung oleh Kemendagri.

"Karena kepala desa terpilih dari berbagai latar belakang, tidak semuanya menguasai ilmu pemerintahan. Maka dari itu pelatihan ini penting dan sangat diperlukan," tegasnya.

Karena banyaknya dana desa yang harus dikelola kepala desa, pendampingan juga diperlukan. Setiap desa akan menerima dana desa Rp 1 miliar ditambah Rp 1 miliar dari APBD Kota Pariaman.

"Regualasi ini harus dipahami oleh kepala desa yang perlu didampingi Kemendagri,” kata Genius.

Selanjutnya Genius Umar menasehati kepala desa memiliki tanggung jawab memimpin pemerintahan dan masyarakat wajib memberikan pelayanan terbaik. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update