Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman jamin Napi bisa lanjutkan pendidikan dalam Lapas II B Pariaman

4 Februari 2022 | 4.2.22 WIB Last Updated 2022-02-04T12:37:17Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman akan memberikan kesetaraan pendidikan bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II B Pariaman.

"Karena setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan, termasuk warga binaan pemasyarakatan (WBP). Pendidikan adalah hak asasi," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi di Pariaman, Jumat (4/2).

Menurut Kanderi, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Lapas II B Pariaman untuk memberikan pendidikan dan pembelajaran bagi WBP.

Kanderi menyadari banyak di antara warga binaan yang putus sekolah. Karena menjalani masa hukuman, pihaknya akan jemput bola ke sana agar WBP memiliki pendidikan dan ijazah yang menjadi hak mereka.

Kepala Bidang Paud dan Pendidikan non Formal, Hendri Jalal mengatakan pihaknya akan memotivasi warga binaan Lapas IIB agar ikut dalam program tersebut.

Saat ini, kata Hendri, masih banyak warga binaan yang tidak memiliki ijazah SD, SMP maupun SMA dari 400 jumlah warga binaan di Lapas II B Pariaman.

"Sehingga setelah selesai masa hukuman mereka dapat melamar pekerjaan sesuai ijazah yang mereka miliki. Pendidikan juga akan membantu mengurangi angka kriminalitas," ucapnya.

Adapun pendidikan yang mereka peroleh pada program tersebut mulai dari Paket A setara dengan SD, Paket B setara dengan SMP, dan Paket C setara dengan SMA.

"Serta keterampilan khusus lainnya yang diajarkan para mentor nantinya,” pungkasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update