Cegah abrasi di Desa Balai Nareh, Pemko Pariaman bangun Groin T yang juga bisa jadi dermaga

Foto: Junaidi

Pariaman - Untuk mencegah terjadinya abrasi, Pemko Pariaman akan membangun Groin T di pesisir pantai Desa Balai Nareh. Akses jalan sepanjang pantai tersebut juga baru dibuka secara gotong royong bersama masyarakat setempat.

Groin sendiri dirancang untuk melindungi daerah sepanjang pantai dari proses erosi yang diakibatkan oleh perpindahan sedimen sejajar pantai.

"Karena daerah ini dulunya sering abrasi maka akan kita cegah dengan membangun Groin tipe T yang cocok untuk kawasan ini," kata Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Selasa (8/2).

Sisten Groin merupakan salah satu bentuk dari konstruksi pengaman pantai yang dibangun tegak lurus di garis pantai atau memanjang ke arah laut. Ada beberapa tipe Groin yang secara umum terbagi tiga, yaitu tipe I, tipe L dan tipe T.

"Selain itu fungsi Groin lainnya juga untuk memperbaiki garis pantai yang sudah terkikis dan mengurangi hingga menghentikan erosi yang terjadi," jelasnya.

Konsultan Perencana pembangunan Groin T, Safri Daus menyebut Groin tipe T sebagai bangunan pengaman pantai yang multi fungsi.

Groin tipe T selain berguna mencegah abrasi - dengan panjang yang cukup ke tengah laut - juga bisa difungsikan sebagai tambatan kapal nelayan atau untuk kapal wisata.

"Salah satu Groin kita perpanjang agar bisa difungsikan sebagai dermaga sebagaimana yang pernah kita buat di Sungai Pisang sepanjang 120 meter dan di Pantai Bungus tahun 2019 dan 2020 lalu," ungkapnya. (Juned/OLP)