Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius tantang Mahyeldi ikut terlibat dalam pembangunan non budgeter Pariaman

23 Februari 2022 | 23.2.22 WIB Last Updated 2022-02-23T15:15:01Z

Salah satu ruas jalan yang dibuka Genius dengan cara gotong royong melibatkan ASN dan masyarakat. Foto: istimewa

Pariaman - Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah berjanji akan membantu pembangunan (pegaspalan) - pembukaan jalan - yang dilakukan Pemko Pariaman bersama masyarakat secara swadaya tanpa anggaran (non budgeter).

Janji gubernur tersebut disampaikan saat mengadakan rapat virtual dengan Walikota Pariaman, Genius Umar, Rabu (23/2). Jalan yang dibangun secara gotong royong oleh Pemko dan masyarakat tersebut panjangnya mencapai hingga 40 kilometer. Namun gubernur belum merinci ruas jalan mana yang akan dia bantu pendanaannya.

"Kita sangat mengapresiasi apa yang telah dikerjakan Walikota Genius Umar karena telah membangun jalan sepanjang 40 km untuk masyarakat tanpa anggaran," kata Mahyeldi.

Sebelumnya, Walikota Pariaman Genius Umar meminta Pemprov Sumbar membantu pengerasan hingga pengaspalan jalan yang telah dibuka secara gotong royong.

Dia menyebut hingga hari ini sudah ada 15 ruas badan jalan yang telah dibuka tanpa menggunakan anggaran. Pengerjaan dilakukan secara gotong royong dengan melibatkan masyarakat setempat dan ASN Pemko Pariaman.

"Untuk pembangunan provinsi, program dari kota dan kabupaten harus sinkron. Provinsi juga harus mengetahui apa yang dibuat pemerintah kota dan berinisiatif membantu. Kolaborasi seperti ini diperlukan untuk percepatan pembangunan," ungkapnya.

Di samping itu, dia juga mengusulkan pembangunan sebuah pelabuhan dan dermaga perikanan di wilayah Pariaman Utara, atau wilayah Naras.

Selanjutnya, ia menuturkan dalam enam bulan terakhir pihaknya telah membuka 15 ruas jalan baru dengan pola gotong royong dengan alasan keterbatasan anggaran karena pandemi Covid-19.

Ruas jalan yang dibuka muali dari Sunur-Kuraitaji, Talang Kuning-Talang Saga Cubadak Air, Talang Kuning Desa Sikapak, Mangguang-Padang Biriak-biriak, jalan lingkar Sungai Rambai, Sungai Rambai-Cubadak Air Utara, ruas jalan Kelurahan Kereta Api, ruas jalan Kelurahan Taratak, ruas jalan Tungkal Utara, ruas jalan Tanjung Sabar-Kampung Gadang, ruas Lapai Ikua Kampuang, ruas Ampalu-Simpang Apar, ruas jalan PKTD SMP 6 Desa Kampung Gadang, ruas jalan Simpang Lawega Desa Kampung Gadang dan ruas jalan MAN Kampung Gadang.

Genius mengklaim pembebasan lahan di seluruh ruas jalan yang dibuka tersebut diberikan secara sukarela oleh masyarakat setempat. (Rika/OLP)

×
Berita Terbaru Update