Nyalon kepala desa, Fitri Yanti satu-satunya perempuan di Pilkades serentak Pariaman

Foto: Desi

Pariaman - Fitri Yanti, satu-satunya kalangan perempuan yang ikut mencalonkan diri pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kota Pariaman. Fitri mencalonkan diri di Desa Toboh Palabah, Pariaman Selatan.

Ibu rumah tangga yang memiliki dua anak ini sebelumnya pernah bekerja sebagai tenaga administrasi di RS Aisyiah Pariaman.

"Fitri Yanti satu-satunya perempuan dari 68 orang calon kepala desa dari 18 desa - di tiga kecamatan," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri di Pariaman, Kamis (13/11).

Meski bergender perempuan, kata Hendri, Fitri memiliki hak dan perlakuan yang sama dengan seluruh calon kepala desa yang akan berlaga pada 12 Februari 2022 mendatang itu.

"Karena salah satu syarat untuk menjadi calon kepala desa adalah warga negara Indonesia asli, tidak peduli perempuan atau laki-laki," kata dia.

Hendri memastikan tidak akan ada perlakuan khusus bagi cakades perempuan atau laki-laki. Semuanya diperlakukan sama sesuai aturan yang ada. Untuk menjadi seorang pemimpin, bukan lagi bicara gender. Tapi kemampuan dan dipercayai oleh masyarakat yang memilihnya.

"Semuanya diperlakukan sama, sesuai aturan yang ada," kata dia.

Dengan tampilnya Fitri Yanti dalam Pilkades serentak, kata Hendri, menunjukan emansipasi atau keterlibatan perempuan dalam pembangunan di Kota Pariaman sudah semakin meningkat, dan kesetaraan gender antara laki-laki dan perempuan tersebut sudah diakui. (Desi/OLP)