Niat penjajakan dengan UGM, Sagasaja Pariaman kian progresif


Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar berencana menjalin kerjasa dengan Universitas Gajah Mada (UGM) untuk program satu keluarga satu sarjana (Sagasaja) Pemko Pariaman.

Hal itu ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam seminar online Gajah Mada Education Roadshow (Gmers) yang digelar oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Minang (Forkommi) UGM, Minggu (23/1).

"Melanjutkan pendidikan merupakan kebutuhan wajib dilakukan anak usia sekolah. Sagasaja terus berupaya mewujudkan impian siswa siswi dari keluarga kurang mampu mencapai cita-citanya," kata Genius.

Karena hal tersebut, Genius meminta agar mahasiswa yang tergabung di Forkommi agar melakukan penjajakan dengan UGM.

"Agar Pemko Pariaman bisa menjalin kerjasama dengan UGM dalam program Sagasaja," unhkapnya.

Genius menuturkan pada mahasiswa Forkommi bahwa program Sagasaja adalah upaya Pemko Pariaman memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan. Dengan Sagasaja, anak dari keluarga kurang mampu juga memiliki kesempatan melanjutkan pendidikan lebih tinggi yang dibiayai melalui APBD Kota Pariaman.

"Terus kita berikan motivasi dan pengalaman pada pelajar agar mereka melanjutkan ke perguruan tinggi," kata Genius.

Pada kesempatan itu Genius juga memotivasi mahasiswa Forkommi agar terus giat belajar dan tidak menjadikan ekonomi sebagai alasan malas.

"Tekadkan diri agar bisa meraih mimpi dan merubah ekonomi keluarga nantinya," nasehatnya.

Genius Umar bahkan mengapresiasi kegiatan tersebut sekaligus mengucapkan terima kasih kepada Forkommi UGM yang bertujuan memotivasi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Seminar online Gmers 12 tersebut bertemakan "Habih Tahun Baganti Musin, Manyirek Abdi Marajuik Asa Anak Nagari".