Mengenal lebih dekat Pantai Kata Pariaman

Foto: Junaidi

Pariaman- Mungkin lirik lagu Tiar Ramon yang satu ini tidak asing bagi masyarakat Minang, khususnya di Pariaman.

"Pantai Kata oh di Pariaman, sayang, Pantai Arta di Sungai Limau tampeknyo"

Kali ini kita akan melirik perkembangan destinasi wisata Pantai Kata, salah satu lokasi wisata yang ada di Kota Pariaman.

Pantai Kata merupakan pantai yang terletak di selatan Kota Pariaman. Pantai ini membentang dari Desa Taluak dan Kelurahan Karan Aur.  

"Kata" sendiri adalah kependekan dari nama dua desa yang berdekatan tersebut, yaitu Karan Aur dan Taluak. Di sini, pengunjung dan wisatawan akan menikmati panorama alam pantai yang masih asri dan alami. Pantai Kata juga cocok bagi yang suka dengan aktivitas berjalan kaki.

Lingkungan di Pantai Kata masih terjaga keasriannya. Banyaknya pohon cemara laut yang tumbuh disertai penataan kawasan pedagangnya membuat tempat ini terlihat rindang dan rapi. Hembusan angin laut membuat suasana kian nyaman.

Tempatnya yang tenang ditambah berdirinya anjungan dengan view bangunan yang menjorok ke laut, cocok untuk merefresh pikiran kita dari rutinitas harian yang jenuh dan membosankan.

Di sini juga terdapat musala untuk pengunjung yang akan melaksanakan salat. Musala juga dilengkapi dengan toilet.

Pantai Kata lokasi wisata ramah keluarga karena di sini juga tersedia taman bunga dan arena permainan anak. Mulai dari mobil-mobilan, wahana balon loncat, arena mewarnai anak, dan arena pancing untuk anak.

Berjalan ke arah utara pantai, pengunjung akan menjumpai deretan pohon cemara yang rindang dengan ayunan dan tempat duduk. Kemudian juga dijumpai Tugu Ikan Situhuak (Merlin). Ikan Situhuak adalah jenis ikan yang sering dijumpai di perairan laut Pariaman, dan menjadi konsumsi untuk membuat aneka makanan. Salah satunya dibuat sala dan dinamakan Sala Situhuak.

Pesona selanjutnya yaitu pemandangan memukau matahari terbenam di Pantai Kata. Pemandangan detik-detik matahari terbenam ini banyak dinanti-nantikan pengunjung dan wisatawan. Wisatawan bisa melihat secara langsung proses pergerakkan matahari yang perlahan tenggelam tanpa terhalang apapun. Tidak salah kalau Kota Pariaman disebut The Sunset City of Indonesia.

Spot foto yang keren abis dengan mudah dijumpai di pantai ini. Buktinya banyak fotografer profesional yang sengaja berkunjung ke tempat wisata ini hanya untuk mengabadikan momen. Pantai Kata juga menjelma menjadi ajang foto-foto bagi generasi milenial yang hobi swafoto.

Pada 2017 lalu, Pantai Kata menjadi lokasi ajang MTQ Tingkat Nasional ke 37 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang dibuka oleh Menteri Agama RI, Luqman Hakim Syaifuddin. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatwan karena bangunan bekas MTQ tersebut sengaja didesain untuk jangka panjang penunjang wisata.

Nah, kalau di Bali terkenal dengan Pantai Kute, di Kota Pariaman ada Pantai Kata. Tertarik untuk datang ke Pantai Kata Pariaman? Ayo isi liburan keluarga dengan mengunjungi Pariaman yang kaya destinasi wisata beragam.

Aksesibilitas ke Pantai Kata juga sangat baik karena didukung oleh jaringan jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau dan sarana transportasi kota.

Di Pantai Kata kita juga bisa menginap di Safari Inn Hotel dan Resort yang memiliki 60 kamar. Hotel ini juga memiliki fasilitas meeting room dan kafe yang diiringi dengan live music. Bagi wisatawan yang doyan kuliner, koki terbaik Safari Inn juga menyediakan makanan ala western dan lokal. Baik untuk penhunjung yang menginap atau sekadar nongkrong. Selamat menikmati indahnya Pantai Kata Pariaman. (Junaidi)