Jalin MoU dengan ACT, MUI Pariaman sasar program ekonomi umat

Foto: Junaidi

Pariaman - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pariaman teken kerjasama dengan Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) cabang Padang di Balaikota Pariaman, Sabtu (22/1). Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan setelah kepengurusan MUI Kota Pariaman periode 2020-2025 baru saja dikukuhkan oleh Walikota Pariaman, Genius Umar.

"Kerjasama ini untuk pengembangan ekonomi umat," kata Ketua MUI Kota Pariaman, Sofyan Jamal.

Menurutnya, saat ini ACT telah berkembang menjadi yayasan yang memiliki berbagai program untuk kesejahteraan umat. ACT, kata dia, tidak lagi sekadar turun saat adanya bencana saja.

MUI, kata dia, adalah lembaga yang membina ulama untuk pembangunan umat. Oleh karena itu, MUI tidak bisa berjalan sendiri. MUI perlu bersinergi dengan berbagai pihak meski tujuan utama MUI tetap pada sisi spiritual.

Kepala Cabang ACT Padang, Aan Saputra menyebut banyak program keumatan ACT perlu dukungan MUI. Kota Pariaman sendiri, kata dia, salah satu kota penerima manfaat program ACT pada gempa 2009.

"Sekolah-sekolah yang didirikan ACT di Kota Pariaman masih berdiri dengan kokoh sampai sekarang," katanya.

Saat ini banyak program ACT yang perlu dukungan ulama, di antaranya program Sahabat dari Indonesia yang nantinya juga akan diterapkan di Kota Pariaman.

ACT adalah lembaga sosial kemanusian yang bergerak di bidang penanganan bencana kemanusiaan, program lingkungan hidup, program kesehatan dan pemberdayaan ekonomi.

Sementara itu Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan ulama adalah bagian dari 'jalinan tigo sapilin' untuk ikut terlibat membangun Kota Pariaman.

“Ulama dan niniak mamak ikut berpatisipasi membangun kota, baik dari segi fisik maupun SDM-nya," kata Genius. (Rika/OLP)