Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mulai pelatihan, Kota Pariaman terpilih jadi tuan rumah pelatihan wasit Pomnas 2022

5 Desember 2021 | 5.12.21 WIB Last Updated 2021-12-05T11:57:52Z


Pariaman - Sumatra Barat akan menjadi tuan rumah pekan olahraga mahasiswa nasional (Pomnas) 2022 mendatang. Sedangkan Kota Pariaman akan menjadi tuan rumah pelatihan wasit dan juri pada iven tersebut.

Hal itu disampaikan langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar saat meninjau pelatihan wasit dan juri keluarga besar tarung derajat alias Kodrat di lantau III Plaza Pariaman, Minggu (5/12).

"Pelatihan ini semoga mampu mewujudkan wasit dan juri Kodrat kompetitif pada Pomnas 2022 mendatang," kata Genius Umar.

Menurutnya, Kota Pariaman baru pertama kalinya ditunjuk sebagai daerah tempat pelatihan wasit dan juri. Hal itu menurutnya perlu persiapan sebagaimana beberapa iven olahraga yang telah sukses dihelat Pariaman sebelumnya.

Kota Pariaman, sambung Genius, sering menjadi tuan rumah iven olahraga tingkat nasional. Hal itu karena ditunjang ketersediaan sarana prasarana olahraga yang ada di Pariaman selain lokasi yang strategis - kota wisata.

"Kota Pariaman punya sarana prasarana pendukung yang telah berstandar nasional. Seperti sirkuit sepatu roda dan Gor Radjo Bujang. Mungkin dengan hal itulah pemerhati olahraga dan orang yang terlibat langsung pada iven olahraga menunjuk Kota Pariaman sebagai tempat dilaksanakan kegiatannya. Ini menjadi prestasi tersendiri bagi Kota Pariaman," ungkapnya.

Ketua Harian Tarung Derajat Kota Pariaman, Syahrizal mengatakan pelatihan wasit Kodrat diikuti 75 orang perwakilan kota/kabupaten se Sumatera Barat. Pelatihan bertujuan memberikan keterampilan dan ilmu dalam memimpin pertandingan kepada calon wasit dan juri.

“Untuk memberikan bekal agar calon wasit dan juri punya kemampuan standar memimpin pertandingan. Baik standar daerah maupun nasional," kata dia.

Pelatihan tersebut, kata dia, kembali akan dilakukan pada 22 Januari 2022 mendatang dengan peserta yang lebih banyak.

"Karena pelatihan ini dilakukan untuk mematangkan para wasit dan juri pada Pomnas 2022 di Sumatera Barat yang ditempatkan di Universitas Negeri Padang (UNP),“ kata dia. (Dewi)

×
Berita Terbaru Update