Kota Pariaman raih 2 penghargaan dari Kemenkes

Foto: Junaidi

Pariaman - Kota Pariaman sukses meraih 2 penghargaan sekaligus. Yakni penghargaan Swastisaba kategori Wiwerda dan terminal sehat kategori tipe A dari Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri.

Penghargaan tersebut diterima Sekdako Pariaman, Yota Balad dan diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatra Barat, Audy Joinaldy di Auditorium Gubernur Sumbar, Kamis (25/11).

"Alhamdulillah kita menerima 2 penghargaan sekaligus," ungkap Yota Balad.

Sebelumnya, kata Yota Balad, Kota Pariaman sudah dua kali meraih penghargaan Swastisaba Padapa kategori Taraf Pemantapan dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan pada 2013 dan 2019 lalu.

Penghargaan Swastisaba merupakan penghargaan kerjasama Kementerian Kesehatan dengan Kementerian Dalam Negeri untuk kabupaten/kota sehat. Tingkat penghargaan ada 3 kategori. Pertama tingkat Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan yang tertinggi Pengembangan (Wistara).

Yota Balad menjelaskan ada 4 tatanan penilaian dari Padapa ke tingkat Wiwerda. Yakni, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan kawasan permukiman, tatanan sarana lalu lintas tertib dalam pelayanan transportasi sehat, serta tatanan kawasan pariwisata sehat.

Penghargaan ini juga diberikan atas partisipasi Pemerintah Kota Pariaman mengikuti verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS) 2021 yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar.

"Semoga dengan penghargaan ini lebih memotivasi Pariaman menjadi kota yang lebih sehat lagi. Penilaian kota sehat untuk Pariaman baru mencapai 65 persen. Ke depan kita berharap naik menjadi 100 persen," pungkasnya.

Penghargaan Swastisaba merupakan penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali oleh Kemendagri dan Kemenkes kepada kota/kabupaten yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten Kota Sehat (KKS). (Juned/OLP)