ANBK tingkat SD di Pariaman sukses, Yota Balad: metode pembelajaran berbasis IT akan diperkuat

Foto: Erwin

Pariaman - Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad tinjau pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) di SD Negeri 04 Kajai dan SD Negeri 12 Cubadak Mentawai di Pariaman Selatan, Selasa (16/11).

Pelaksanaan ANBK untuk murid kelas 5 SD sederajat di Kota Pariaman ini telah dimulai sejak 15 November 2021 dan diikuti 79 sekolah dasar sederajat.

"Anak-anak tampak fokus mengikuti ANBK. Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar," ujar Yota Balad didampingi Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi.

Yota Balad meminta dinas terkait memperkuat penerapan teknologi informasi (TI atau IT) di setiap sekolah. IT juga harus mulai dikenalkan pada murid kelas 1 SD karena ujian berbasis IT mulai diterapkan dan dipantau langsung Kementerian Pendidikan.

"Hasil ujiannya langsung dipantau oleh Kementerian Pendidikan," ujar pemilik Klinik Balad itu.

Dengan kemahiran IT, Yota Balad berharap murid melek IT mulai dari tingkat pendidikan dasar. Di samping itu, tenaga pendidik juga harus lihai mengenalkan metode pembelajaran berbasis IT kepada murid sejak usia dini.

"Sehingga pelaksanaan ANBK menghasilkan pemetaan terhadap murid, dan guru akan melihat potensi murid-muridnya," pungkasnya.

Kepala Disdikpora Kota Pariaman, Kanderi mengatakan pelaksanaan ANBK se Kota Pariaman salah satu terobosan pemerintah guna evaluasi menyeluruh terhadap semua sekolah.

"ANBK sangat penting untuk meningkatkan mutu dan sistem pendidikan di Indonesia. ANBK berfungsi untuk pemetaan sekolah dan sangat berpengaruh pada penentuan akreditasi sekolah," ujar Kanderi.

Untuk Kota Pariaman pelaksanaan ANBK dibagi menjadi 2 gelombang. Gelombang pertama dilakukan mulai tanggal 15 hingga 18 November 2021, sedangkan gelombang kedua pada 22 hingga 25 November 2021. (Erwin/OLP)