Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Warga Tanjung Saba terima ratusan bibit durian dan jengkol

7 Oktober 2021 | 7.10.21 WIB Last Updated 2021-10-07T01:13:48Z

Foto: Erwin

Pariaman - Warga Desa Tanjung Saba, Pariaman Utara menerima ratusan bibit tanaman dari Dinas Kehutanan Sumatra Barat. Pemberian bibit tersebut untuk memberdayakan masyarakat dalam upaya memanfaatkan lahan tidur.

"Ini adalah upaya pemerintah agar seluruh lahan tidur berdaya guna dan bermanfaat bagi masyarakat," ujar Walikota Pariaman, Genius Umar saat membagikan bibit tersebut secara simbolis kepada Pj Kades Tanjung Saba, Risman di desa setempat, Rabu (6/10).

Bibit yang dibagikan Genius berupa 400 batang bibit durian, 100 batang bibit alpukat, 100 batang bibit jengkol dan beberapa batang bibit pohon mahoni.

Gerakan pemanfaatan lahan tidur dan pekarangan, kata Genius, sudah menjadi fokus pihaknya. Bahkan sejak pandemi Covid-19, pemberian bibit tanaman kepada warga lebih sering dilakukan.

"Karena banyak rumah warga yang memiliki pekarangan dan lahan tidur. Target kita Pariaman menjadi daerah zero lahan tidur," ungkapnya.

Bibit tanaman yang dibagikan Genius selama ini jenisnya juga beragam. Mulai dari tanaman buah dan bibit sayur untuk pekarangan, hingga bibit tanaman bernilai ekonomis lainnya untuk ditanam di lahan kosong.

"Dengan pemanfaatan lahan tidur dan pekarangan rumah, akan memberi nilai tambah ekonomi bagi warga," kata dia.

Selain itu, gerakan menanam juga dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan sekaligus menjaga lingkungan hidup sebagaimana visi pemerintahan - Pariaman Green City.

"Untuk ketahanan pangan sekaligus melestarikan lingkungan," pungkas Genius yang baru baru ini menerima anugerah Nirwasita Tantra dari Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya sebagai kepala daerah inovatif yang menjaga dan merawat lingkungan hidup kategori kota kecil. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update