Temui Gusti Kanjeng Ratu Hemas, Genius bahas geliat pariwisata dan penanganan Covid-19

Walikota Pariaman Genius Umar didampingi istri dr. Lucy diskusi dengan GKR Hemas di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Foto: istimewa

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar kunjungi Keraton Yogyakarta untuk bertemu dengan Sultan Hamengkubuono ke X dan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas, Rabu (13/10).

Meski tidak bertemu Sultan, Genius Umar disambut oleh GKR Hemas yang dulunya pernah menjadi atasan Genius Umar saat ia bekerja di Sekretariat DPD RI.

Saat bertemu Ratu, Genius mendiskusikan penanganan Covid-19 daerah, apalagi kota yang dipimpinnya saat ini telah menjelma menjadi kota tujuan wisata paling berkembang di Sumatra Barat.

"Kami meminta masukan kepada GKR Hemas karena Yogyakarta adalah daerah tujuan wisata arus utama di Tanah Air," kata Genius.

Selama pandemi, kata Genius, berbagai objek wisata di kota Pariaman tetap menerima kunjungan wisata. Kecuali saat Pariaman berada dalam kondisi PPKM darurat.

"Saat ini kota Pariaman kembali zona hijau dan kunjungan wisatawan terus bertambah dari hari ke hari," ungkapnya.

Ratu Hemas mengatakan situasi yang sama juga dialami Yogyakarta. Sebagai daerah tujuan wisata terdepan di Indonesia, kata Ratu Hemas, sulit membendung orang berkunjung ke Yogyakarta.

"Membuka objek wisata adalah kebijakan yang sulit dan sangat selektif dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat," kata dia.

Oleh sebab itu pihaknya melakukan pembatasan-pembatasan tertentu agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Agar masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan dan demi suksesnya program vaksinasi," jelasnya. (Tim)