Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dirjen Dukcapil apresiasi inovasi dan pelayanan Dukcapil Pariaman

14 Oktober 2021 | 14.10.21 WIB Last Updated 2021-10-14T13:23:02Z

Foto: Junaidi

Pariaman - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh memuji pelayanan Dukcapi Kota Pariaman, Kamis (14/10).

"Tinggal memoles sedikit ruangan yang ada dan menambahkan satu ruangan khusus untuk pusat informasi," kata Zudan di Pariaman dalam lawatan kerja evaluasi dan monitoring Dukcapil di di Sumatra Barat.

Menurut dia, pelayanan Dikcapil Pariaman sudah memadai. Tidak hanya itu, ia juga menanyakan langsung pelayanan Dukcapil Pariaman kepada masyarakat yang mengurus KK dan KTP di kantor tersebut.

Selain itu, Zudan memuji salah satu pojok di kantor itu yang menyediakan teh dan kopi bagi masyarakat yang sedang mengurus dokumen kependudukan.

"Tadi saya buat sendiri minuman dan temani warga yang ngurus dokumen," sambungnya.

Pelayanan dan inovasi seperti menyediakan minuman gratis, kata Zudan akan berdampak positif bagi masyarakat. Masyarakat merasa dihargai sebagai tamu.

"Hal ini harus ditiru seluruh Dukcapil lainnya sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat," kata dia.

Sekretaris Kota Pariaman, Yota Balad menyebut kunjungan Dirjen Dukcapil ke Pariaman menandakan pelayanan Dukcapil Pariaman salah satu yang terbaik di Sumatra Barat.

“Kita terus berkomitmen menjadikan pelayanan kependudukan dan catatan sipil,menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Dukcapil Pariaman, kata Yota, terus melakukan inovasi. Baik dari segi pelayanan maupun kecepatan administrasi yang mengakomodir seluruh lapisan masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan.

"Kita juga menyediakan ruangan bagi penyandang disabilitas, menyediakan kursi roda. Juga ruang bagi ibu menyusui," ungkapnya.

Selain itu, sambung Yota, pelayanan Dukcapil Pariaman juga dilakukan secara mobile guna menjemput bola ke tengah masyarakat. Bagi warga yang tidak bisa datang ke kantor karena berbagai faktor, petugas Dukcapil Pariaman yang akan berkunjung langsung ke rumah-rumah.

Pelayanan mobile kata Yota meliputi pengurusan administrasi kependudukan online yang mempermudah masyarakat dalam pembuatan KTP-el, KK, Akte Kelahiran, Akte Kematian dan pengurusan lainnya.

“Aplikasi mobile ini bernama DIGI yang gampang untuk digunakan. Bisa didownload di Playstore menggunakan perangkat android,” tandasnya. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update