Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tinjau rumah warga kebanjiran, Genius perintahkan anak buahnya perbaiki saluran drainase

9 September 2021 | 9.9.21 WIB Last Updated 2021-09-09T01:43:35Z

Foto: Erwin

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meminta dinas PUPR agar segera memperbaiki saluran drainase di area rumah warga RT 03 Kelurahan Jalan Kereta Api, Pariaman Tengah yang menyebabkan banjir.

"Akibat curah hujan yang sangat tinggi tadi malam membuat rumah warga mengalami kebanjiran. Menggenangnya air disebabkan karena tersumbatnya saluran drainase," kata Walikota Pariaman, Genius Umar saat meninjau langsung ke rumah warga yang terkena banjir.

Genius memastikan meluapnya air hingga ke rumah warga disebabkan sumbatan pada saluran drainase oleh sampah dan kotoran sehingga air tidak mengalir sebagaimana mestinya.

"Solusinya dibersihkan. Seluruh sampah dan kotoran yang menyumbat harus dibuang agar air kembali mengalir lancar," sambungnya.

Seharusnya jika saluran drainase lancar, kata Genius, tidak akan terjadi banjir di area itu walau hujan selebat apa pun. Hal tersebut juga bisa terjadi di saluran drainase mana pun.

"Oleh sebab itu saya mengimbau kepada warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Buang pada tempatnya. Karena jika tidak, sampah akan berakhir di saluran drainase yang menyebabkan penyumbatan," imbaunya.

Di samping itu, ia juga mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan selama anomali cuaca. Jika hujan lebat disertai badai petir, ia meminta warga jangan melintas di bawah pohon, apalagi berteduh di bawahnya.

Kemudian bagi warga yang rumahnya berada di sekitar pepohonan tinggi, ia meminta agar segera memangkasnya karena berisiko roboh jika dibiarkan.

"Dan kita juga mensiagakan BPBD dan kelompok siaga bencana desa/kelurahan 24 jam. Jika terjadi bencana segera laporkan," ungkapnya. (Erwin/OLP)

×
Berita Terbaru Update