Puting beliung kembali terjadi, Genius santuni warga yang kedainya tertimpa pohon


Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar santuni warga yang kedainya tertimpa pohon tumbang akibat angin puting beliung yang terjadi pada Rabu malam (4/8) di Desa Kajai, Pariaman Timur.

Genius menyerahkan bantuan kepada pemilik kedai bernama Arman berupa peralatan dapur, beras dan sembako, selimut, serta tikar dan terpal.

Genius mengingatkan warga Pariaman agar tetap waspada karena dalam beberapa hari belakangan terjadi anomali cuaca yang mengakibatkan terjadinya puting beliung beserta hujan disertai angin kencang.

"Agar kita selalu berhati-hati karena memang belakangan ini cuaca tidak bersahabat dan telah terjadi puting beliung disertai badai kencang di Kota Pariaman," kata Genius di Desa Kajai, Kamis (5/8).

Meski demikian, Genius tetap bersyukur karena tidak ada korban jiwa akibat anomali cuaca tersebut. Baik puting beliung yang terjadi di Desa Pauh Barat maupun di Desa Kajai.

"Bantuan ini memang tidak seberapa dibanding kerugian yang diderita keluarga Arman yang mencapai Rp 15 juta. Namun setidaknya bisa meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah," kata dia.

Kepada masyarakat Genius meminta agar segera melaporkan setiap terjadinya bencana kepada BPBD Kota Pariaman. Begitu juga langkah pencegahan dengan memangkas pohon-pohon yang dahannya telah lapuk.

"Karena ini berpotensi menimpa siapa saja. Jika ada pohon lapuk, segera dipangkas. Hubungi BPBD untuk meminta bantuan," imbuhnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, dalam satu minggu belakangan telah terjadi musibah puting beliung yang merusak rumah warga.

Di Desa Pauh Barat, setidaknya empat rumah mengalami kerusakan akibat puting beliung yang menerbangkan atap rumah kemudian menghempaskannya kembali menimpa rumah warga lainnya. (Juned/OLP)