Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Potong 29 ekor sapi, Desa Kampung Baru pecahkan rekor terbanyak hewan kurban Pariaman

20 Juli 2021 | 20.7.21 WIB Last Updated 2021-07-20T08:06:11Z

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mhyuddin saksikan pemotongan hewan kurban di Desa Kampung Baru. Foto: istimewa

Pariaman - Desa Kampung Baru, Pariaman Tengah, pecahkan rekor terbanyak memotong hewan kurban di Hari Raya Idul Adha 2021 se Kota Pariaman - dengan jumlah total 29 ekor sapi.

Jumlah tersebut disembelih di tiga rumah ibadah yang ada di desa itu. 12 ekor dipotong di Masjid Raya Kampung Baru, 12 ekor di Musala Arahman dan 5 ekor di Musala Nahdatul Amal.

"Seluruh dagingnya akan dibagikan kepada ribuan masyarakat yang membutuhkan yang telah diberikan kupon sebelum hari pemotongan," kata Pembina Masjid Raya Kampung Baru, Mardison Mahyuddin di Pariaman, Selasa (20/7).

Hewan sebanyak itu, kata Mardison merupakan sumbangan umat untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkannya. Hari raya kurban, kata Mardison selain memperingati peristiwa ketika Nabi Ibrahim A.S. bersedia untuk mengorbankan putranya demi Allah SWT - kemudian sembelihan itu digantikan oleh-Nya dengan domba - juga mengajarkan umat agar saling berbagi atau subsidi silang.

"Ini bukti subsidi silang telah ribuan tahun diajarkan dalam agama Islam," kata Mardison.

Proses pemotongan hewan sendiri, kata Wakil Walikota Pariaman itu, dimulai setelah pelaksanaan salat ied dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Di masjid semua jemaah menggunakan masker dan telah cuci tangan sebelum memasuki masjid. Begitu juga saat pemotongan hewan kurban," sebutnya.

Mardison memastikan ke-29 hewan kurban di Desa Kampung Baru sudah mendapatkan label dari Pemko Pariaman karena sebelumnya telah diperiksa dan diberikan vitamin oleh petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan.

"Seluruh hewan kurban di Desa Kampung Baru dan yang ada di kota Pariaman sudah mendapatkan label aman konsumsi dari Pemko Pariaman," pungkas Mardison yang juga ikut jadi peserta kurban di beberapa masjid yang ada di Kota Pariaman. (OLP)

×
Berita Terbaru Update