KPU Pariaman mulai lakukan sinkronisasi data pemilih dengan kependudukan

Foto: Fadli

Pariaman - KPU Kota Pariaman mulai melakukan sinkronisasi data pemilih dengan data kependudukan Kota Pariaman. Sekaitan dengan hal tersebut, Ketua KPU Kota Pariaman, Aisyah bersama komisioner lainnya menemui Walikota Pariaman di ruang kerjanya, Rabu (28/7).

Menurut Aisyah, saat ini telah banyak data pemilih baru di kota Pariaman sebagai pemilih pemula karena telah memasuki usia 17 tahun.

"Kemudian juga ada yang meninggal dunia, pindah ke daerah lain dan warga baru Kota Pariaman. Data tersebut perlu disinkronisasikan dengan KPU," kata Ketua KPU Pariaman, Aisyah.

Sinkronisasi data penduduk dengan data pemilih yang diminta KPU Pariaman mendapat juga dukungan dari Walikota Pariaman, Genius Umar.

Genius berjanji akan meneruskan permintaan sinkronisasi data kependudukan oleh KPU Pariaman kepada setiap kepala desa dan lurah yang ada di Pariaman.

"Agar usia 17 tahun ke atas bisa menggunakan hak pilih, termasuk data kematian, penduduk baru, penduduk pindah di setiap desa dan kelurahan juga disinkronisasikan," kata Genius.

Sinkronisasi data pemilih rutin dilakukan oleh KPU jelang memasuki tahapan pemilihan umum. Meski pemilu serentak Indonesia masih pada 2024, KPU tetap memperbaharui data pemilih tiap tahunnya. (Phaik)