Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman potensial jadi Kota Statistik pertama di Indonesia

22 Mei 2021 | 22.5.21 WIB Last Updated 2021-05-22T08:37:30Z

Kadis Kominfo Kota Pariaman, Hendri didampingi Kabid Eka Putra Pernanda memberikan arahan dalam acara sosialisasi pembentukan desa/kelurahan statistik 2021 di aula pertemuan Kantor Camat Pariaman Timur, Jumat (21/5)

Pariaman - Kecamatan Pariaman Timur punya potensi menjadi proyek percontohan kecamatan statistik di Sumatra Barat karena kecamatan itu memiliki progres yang baik dalam hal statistik. Dan Pariaman memiliki potensi besar menjadi Kota Statistik pertama di Tanah Air.

"Selain itu, Kota Pariaman juga memiliki semua infrastruktur teknologi informasi dengan penyediaan aplikasi yang sudah lama diterapkan di kecamatan Pariaman Timur," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pariaman, Hendri di Pariaman, Sabtu (22/5).

Dengan kesiapan aspek sumberdaya, baik manusia dan teknologinya, Hendri menyiapkan kecamatan yang pernah dipimpinnya dulu itu diusulkan ke provinsi Sumatra Barat menjadi proyek percontohan kecamatan statistik.

Hendri bilang tata kelola statistik kota Pariaman telah lama bertransformasi dari cara konvensional (analog) menjadi berbasis teknologi informasi (digitalisasi) - sehingga desa dan kelurahan dengan mudah mengakses semua informasi, termasuk potensi yang ada di wilayahnya masing-masing.

"Kita sudah beralih ke sistem digitalisasi seiring kemajuan teknologi. Jika kita melawan arus kita akan tertinggal," kata dia.

Sementara terkait pencanangan desa statistik, kata Hendri adalah upaya Pemko Pariaman meletakkan pondasi mewujudkan Satu Data Indonesia. Karena menurutnya hal itu tidak akan pernah terwujud jika wilayah-wilayah administrasi di dalamnya masih belum sadar data.

"Jadi untuk mewujudkan semua itu dimulai dari yang terkecil dahulu yaitu pembentukan desa statistik," kata dia.

Dari desa statistik, ungkap dia, setiap kegiatan dan aktivitas warga - baik ekonomi, sosial, budaya dan aktivitas lainnya - akan dicatat sebagai sebuah data dan dikelola menjadi informasi berbasis digital yang nantinya berguna dalam memutuskan berbagai kebijakan.

"Seluruh desa di Pariaman Timur akan kita bimbing menjadi Desa Statistik sehingga nanti kecamatannya secara otomatis akan menjadi kecamatan statistik," sebut dia.

Program desa/kelurahan/kecamatan statistik, kata Hendri akan diluncurkan secara resmi oleh Gubernur Sumatra Barat bersama Kepala BPS RI pada 28 Mei 2021 mendatang di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat.

Hendri berharap selain menjadikan Pariaman Timur sebagai proyek percontohan Kecamatan Statistik juga akan mewujudkan Kota Pariaman menjadi Kota Statistik.

"Karena kita hanya memiliki empat kecamatan dengan 71 desa/kelurahan. Ini sangat memungkinkan menjadikan Pariaman sebagai Kota Statistik pertama di Indonesia," pungkasnya. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update