Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Optimalkan lahan tidur untuk ketahanan pangan, Genius minta dana ke Menteri Pertanian

26 Mei 2021 | 26.5.21 WIB Last Updated 2021-05-26T10:11:43Z

Walikota Pariaman Genius Umar sampaikan sejumlah program pemanfaatan lahan tidur untuk sektor pertanian kepada Menteri Pertanian di Jakarta. Foto: istimewa

Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar ajukan proposal ke Kementerian Pertanian dalam upaya memproduktifkan lahan tidur dan terlantar di kota Pariaman untuk dijadikan lahan pertanian.

"Kita bertekad tidak ada lagi lahan tidur di kota Pariaman dengan program mubaligh dan milenial bertani. Untuk itu kita minta perhatian dari Bapak Menteri Pertanian untuk membangun sarana infrastrukturnya," kata Genius Umar di hadapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Selasa (25/5).

Guna menjalankan program mubaligh dan milenial bertani lebih optimal, kata Genius perlu pembukaan lahan dan irigasi, pembangunan embung dan rumah potong hewan yang memerlukan uluran dana dari kementerian.

"Selama ini kita sudah canangkan pemanfaatan lahan tidur untuk sektor pertanian dan peternakan, namun untuk sarana penunjang seperti infrastruktur masih belum tertampung di APBD Kota Pariaman, apalagi sejak pandemi Covid-19," kata Genius.

Sejauh ini, kepada Syahrul Yasin Limpo, Genius menyampaikan pihaknya terus berupaya menggenjot sektor pertanian dengan memanfaatkan lahan tidur dengan ditanami bawang dan jagung karena memiliki masa panen singkat.

"Selain itu juga ada juga cabai yang dikelola BUMDes," kata dia.

Di masa pandemi saat ini, Genius mengatakan pihaknya terus berupaya membangkitkan kembali ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Dengan mengoptimalkan sektor pertanian, selain mampu mengangkat perekonomian juga selaras dengan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah pusat.

"Kita terus genjot sektor pertanian di masa pandemi Covid-19 dan bahkan hasil panen padi petani terus meningkat," kata dia.

Anggota DPR RI Andre Rosiade yang menjembatani pertemuan Genius dengan Menteri Pertanian mengaku apa yang dilakukan Genius untuk masyarakat Pariaman, patut diacungi jempol.

"Pak Genius walikota yang penuh dengan ide dan gagasan. Pak Genius tidak hanya memberikan proposal kepada Pak Menteri, tapi juga pemaparan program yang lugas dan jelas," ucap politisi Gerindra itu.

×
Berita Terbaru Update