400 pensiunan TNI dan istri divaksin Covid-19, 40 persen lagi Pariaman capai target Herd Immunity

Petugas atau vaksinator berikan suntikan vaksin Covid-19 kepada salah seorang pensiunan TNI Kodim 0308 yang disaksikan oleh walikota Genius Umar dan Dandim 0308.

Pariaman - Program vaksinasi Covid-19 Kota Pariaman menunjukkan progres positif dengan melakukan suntik vaksin terhadap 400 pensiunan dan istri TNI Kodim 0308. Vaksin Covid-19 yang digunakan jenis Astra Zeneca.

"Vaksinasi bagi pensiunan dan istri TNI Kodim 0308 akan dilakukan bertahap selama empat hari," ungkap Walikota Pariaman, Genius Umar di Pariaman, Rabu (19/5).

Di hari pertama pemberian vaksin, kata dia, sudah ada 180 orang pensiunan yang terdata dan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin Covid-19.

Genius mengutarakan capaian vaksin untuk kota Pariaman sendiri bagi kalangan pejabat publik,  kependidikan, kalangan medis sudah mencapai angka 100 persen.

Sedangkan secara keseluruhan guna mencapai angka 70 persen dari total penduduk Pariaman yang harus divaksin guna mencapai target Herd Immunity 100 persen, sudah di angka 60 persen.

Sedangkan pemberian vaksin bagi kalangan lansia, ia juga menargetkan angka 100 persen dari 8 ribu jumlah lansia yang ada di kota Pariaman.

Genius beralasan pemberian vaksin bagi lansia secepatnya karena di usia tersebut sangat rentan tertular Covid-19 karena imunitas tubuh jauh menurun seiring lanjutnya usia.

"Lansia sangat memerlukan pertahanan tubuh dan antibodi dan mesti memerlukan vaksin untuk melawan Covid-19," kata dia.

Walikota mengimbau agar perangkat desa dan puskesmas mendata lansia yang ada untuk melakukan vaksinasi. Dan dengan kesadaran sendiri dari lansia untuk didata sebagai peserta vaksin. (Phaik/OLP)