Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

[Tajuk] Makna di balik pantun Sandiaga Uno bagi Pariaman

23 April 2021 | 23.4.21 WIB Last Updated 2021-04-23T12:16:47Z

Genius Umar kenakan topi ala 'morris" ke kepala Menteri Sandiaga Uno. Foto: istimewa

Pariaman - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno memuji kepemimpinan Genius Umar-Mardison Mahyuddin yang dianggapnya mampu menggenjot ekonomi masyarakat Pariaman dari sektor pariwisata. Hal itu ia katakan saat mengunjungi desa wisata Tungkal Selatan, Jumat (23/4).

Bahkan, kata mantan calon wakil presiden yang berpasangan dengan Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini, desa-desa wisata yang ada di kota Pariaman juga berkembang pesat karena mendapat bimbingan langsung dari kepala daerahnya.

Sandiaga bukan kali pertama ke Pariaman. Ia dikenal punya hubungan personal dengan Walikota Pariaman Genius Umar. Dalam catatan Pariamantoday.com, ia tidak pernah membatalkan kunjungannya ke Pariaman saat diundang oleh Genius Umar. Bahkan pada iven Pariaman Internasional Triathlon 23 November 2019, Sandi dengan senang 'ditantang" Genius Umar jadi peserta olahraga yang dijuluki olahraga 'Ironman' itu, dan Sandi dengan mudahnya mengalahkan Genius Umar.

Jika ada sebuah survei yang dilakukan siapa tokoh yang paling dicintai emak-emak di seluruh Tanah Air, tidak diragukan lagi pria kelahiran 29 Juni 1969 di Pekanbaru itu akan menduduki peringkat atas. Sandiaga selain gagah, cerdas, pintar bisnis, juga dipandang sebagai antitesa politisi Tanah Air karena memilih gaya hidup minimalis; jauh dari kesan hedonis.

Ia juga dinilai pribadi rendah hati, komunikatif dan diyakini sebagai salah satu tokoh muda paling potensial memenangkan Pilpres 2024 mendatang jika dia kembali mencalonkan diri.

Terlepas dari hubungan personalnya dengan Genius Umar, Pariaman akan selalu mendapat tempat di hati Sandi. Pariaman adalah penyumbang persentase kemenangan terbesarnya di seluruh kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam Pilpres 2019 lalu. Ia juga akan selalu disambut hangat oleh warga Pariaman.

Dalam lawatan kerjanya di Pariaman hari ini, Sandi kembali memuji keindahan alam Pariaman yang memiliki potensi besar pariwisata jika dikelola dengan baik. Ia bahkan mempersembahkan dua pantun saat memberi sambutan di desa itu.

Akhir pekan waktu yang tepat untuk liburan
Supaya fresh dan nggak ada beban di pikiran
Ayo dukung pengembangan Desa Tungkal Selatan
Karena agro wisatanya keren dan panoramanya mengagumkan


Tidak cukup satu pantun pembukaan, pantun penutupan Sandi tak kalah menariknya;

Monyet pedih adalah salah satu jenis primata
Hewannya unik dan ada jambul di kepalanya
Mari dukung pengembangan desa wisata
Masyarakat sejahtera ekonomi pulih segera


Dari dua pantun penuh isyarat tersebut, Sandi sejatinya membawa visi misinya sebagai menteri pariwisata ke Pariaman. Ia menyiratkan pemulihan ekonomi harus dilakukan segera di masa pandemi karena dampak pandemi Covid-19 telah melumpuhkan banyak sektor, termasuk kepariwisataan. Pariwisata harus tetap tumbuh dan bangkit dari keterpurukan di tengah derasnya terpaan badai pandemi Covid-19.

Sebelumnya, beberapa minggu lalu, Genius Umar mengunjungi Sandi di Jakarta dalam beberapa kali pertemuan. Dalam pertemuan tersebut Genius meminta kepada Sandi agar beberapa iven besar pariwisata Pariaman mendapat dukungan pendanaan dari kementerian yang dipimpin Sandi.

Genius menyadari saat ini anggaran APBD banyak tersedot untuk penanganan Covid-19. Sejumlah pos anggaran di OPD yang telah disahkan dalam APBD 2021, kembali direfocusing untuk Covid-19. Saat itu juga, Sandi langsung menjawab ia akan mendukungnya. (OLP)

×
Berita Terbaru Update