Mahyeldi Terima Usulan Genius Lanjut Bangun Jembatan Desa Apar yang Terbengkalai 8 Tahun

Gubernur Mahyeldi berjanji lanjutkan pembangunan Jembatan Kp Aoar setelah Genius Umar sampaikan 8 tahun terbengkalai. Foto: Desi

Pariaman - Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi berjanji akan melanjutkan pembangunan jembatan penghubung antara kota Pariaman dengan kabupaten Padangpariaman yang berlokasi Desa Kampung Apar, Pariaman Timur.

"Kita sudah minta instansi terkait melanjutkan pembangunan jembatan yang terbengkalai tersebut," kata Mahyeldi di Gubernuran Sumbar saat menggelar rapat koordinasi sinkronisasi program pembangunan provinsi dengan kabupaten/kota se Sumatra Barat periode 2021-2026.

Pembangunan jembatan penghubung antara kota dan kabupaten itu, sambung Mahyeldi bertujuan untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat di perbatasan kota dan kabupaten tersebut.

"Agar bisa kembali dimanfaatkan masyarakat guna menunjang perekonomian daerah perbatasan," kata Mahyeldi.

Sebelumnya, Walikota Pariaman Genius Umar dalam kesempatan itu meminta pemerintah provinsi agar melanjutkan kembali pembangunan jembatan tersebut karena sudah delapan tahun terbengkalai.

"Padahal jembatan penghubung tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat kedua daerah perbatasan," kata Genius.

Jembatan tersebut, sambung Genius, sebenarnya sudah dibangun dulunya oleh pemerintah provinsi sebelum ia menjabat sebagai walikota Pariaman. Sedangkan tahap pengerjaannya baru sampai pembuatan satu tiang.

"Kemudian dihentikan tanpa sebab yang jelas hingga saat ini,” sebut Genius.

Karena kendala tersebut, saat ini masyarakat sekitar menggunakan jembatan darurat yang telah lapuk dimakan usia. Genius mencemaskan keselamatan masyarakat yang melintas di sana.

Sedangkan Pemko Pariaman sendiri tidak bisa membangunnya karena jembatan penghubung antar dua daerah merupakan kewenangan pemerintah provinsi. (Desi/OLP)