Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Mutu PAUD, Pemko Biayai Kuliah Guru PAUD Hingga Sarjana

8 Februari 2021 | 8.2.21 WIB Last Updated 2021-02-08T13:58:39Z

Menurut Genius Umar, membiaya kuliah guru PAUD ke jenjang sarjana sebagai langkah awal meningkatkan mutu pendidikan di kota Pariaman.

Pariaman - Untuk meningkatkan sumberdaya manusia tenaga didik pendidikan anak usia dini atau PAUD, pada 2021 ini, Pemerintah Kota Pariaman akan membiayai kuliah 35 orang guru PAUD ke jenjang sarjana atau S1.

"Selain meningkatkan kualitas guru PAUD, secara otomatis juga akan meningkatkan mutu pendidikan pada anak usia dini di kota Pariaman," kata Walikota Pariaman, Genius Umar saat penyerahan sertifikat pada program sertifikat guru pendamping muda PAUD di Pariaman, Senin (8/2).

Sebelumnya, pada 2020, 35 orang guru telah mengikuti dan mendapatkan sertifikat guru pendamping muda PAUD - setara diploma 1 - melalui program kerjasama Pemko Pariaman dengan Universitas Terbuka Padang.

Genius menuturkan, membiaya kuliah guru PAUD ke jenjang sarjana sebagai langkah awal meningkatkan mutu pendidikan di kota Pariaman. Di samping itu, juga untuk memotivasi para guru PAUD agar menyelesaikan kuliahnya sekaligus mendorong mereka meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pengajar yang berkualitas.

"Tentunya juga akan meningkatkan mutu pendidikan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini," sambungnya.

Genius menyampaikan bahwa untuk merubah suatu daerah harus dimulai dari pendidikan karena pendidikan juga akan mempengaruhi kualitas daripada kehidupan sosial masyarakat tersebut.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi mengatakan sedianya ada 40 orang guru PAUD yang mengikuti program yang dinamai PSGPM PAUD itu, namun menjadi 35 karena 5 orang di antaranya mengundurkan diri dengan alasan yang bisa diterima.

Pada program itu, sambung Kanderi, pembiayaannya sepenuhnya ditanggung oleh Pemko Pariaman namun dengan pengecualian 50 persen dari biaya semesternya dipotong dari tunjangan para guru tersebut.

PS-GPM PAUD merupakan sebuah program guna menghasilkan seorang guru pendamping muda untuk anak usia dini yang berlatar belakang pendidikan minimal SMA/sedejarat. Program tersebut dirancang untuk membekali peserta agar memiliki penguasaan pengetahuan faktual, kemampuan kerja.

Saat guru PAUD bergabung dan melanjutkan pendidikan sarjana di UT, UT sebelumnya telah menghasilkan sarjana pendidikan di bidang pendidikan anak usia dini yang mengembangkan kajian, penelitian, pelatihan di bidang pendidikan anak usia dini serta menyelenggarakan bimbingan, pendampingan, advokasi, dan bantuan profesional kepada masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini. (Dewi/OLP)

×
Berita Terbaru Update