Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tanaman Porang Lagi Naik Daun, Genius Tinjau Kebun Porang di Talago Sariak

16 Februari 2021 | 16.2.21 WIB Last Updated 2021-02-16T13:27:15Z

Walikota Genius Umar didampingi Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan, Dasril kunjungi kebun Porang milik Khairu Sadikin di Desa Talago Sariak. Foto: Desi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar apresiasi Khairu Sadikin, salah seorang ASN di Pemko Pariaman yang memanfaatkan lahan tidur untuk ditanami tumbuhan jenis Porang.

Kahiru Sadikin menanam Porang di Desa Talago Sariak, Pariaman Timur. Tanaman yang diklaim sebagai penjernih air ini sedang naik daun di Pariaman. Petani Porang mulai bermunculan yang menjadi kabar positif bagi pemanfaatan lahan terlantar yang selama ini menjadi isu klasik di Pariaman.

Pohon jenis umbi-umbian yang mengandung 80 persen karbohidrat tersebut, saat ini memiliki nilai ekonomis tinggi karena bisa diekspor ke luar negeri. Ia cocok tumbuh di Pariaman yang beriklim tropis dengan kelembapan memadai.

Menurut Genius, Khairu Sadikin saat ini satu-satunya petani Porang dari ASN Pemko Pariaman dan berharap ASN lainnya juga memanfaatkan lahan tidur guna ditanami berbagai jenis tanaman bernilai ekonomis.

"Ini perlu dicontoh oleh ASN lainnya dalam memanfaatkan lahan tidur. Semoga usaha yang dilakukan beliau membuahkan hasil, dan kelak menjadi petani Porang yang sukses," kata Genius saat meninjau kebun Porang milik Khairu Sadikin, Selasa (16/2).

Genius berharap tidak ada satu jengkal tanah pun di Pariaman yang tidak termanfaatkan. Ia juga jauh hari telah mencanangkan gerakan pemanfaatan lahan kosong dan terlantar menjadi produktif dengan membagi-bagikan berbagai jenis bibit tanaman.

Pariaman, sambung Genius, merupakan kota dengan mayoritas penduduknya petani. Ia akan terus berupaya meningkatkan sektor tersebut berbarengan dengan sektor pariwisata.

"Kemajuan Pariaman bergantung pada sektor pertanian. Dengan mensejahterakan petaninya, secara otomatis akan mensejahterakan kota Pariaman," katanya. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update