Terima Bibit Kurma dari Salam Pulungan, Genius akan Tanam di Berbagai Lokasi Wisata

Salam Pulungan (tengah pakai rompi) temani Walikota Genius Umar saat menanam bibit Kurma di Pantai Kata. Foto: Junaidi

Pariaman - Pemerintah Kota Pariaman terima 100 bibit pohon Kurma dari salah seorang ASN-nya bernama Salam Pulungan. Salam Pulungan mendatangkan sendiri bibit Kurma tersebut langsung dari Arab Saudi saat ia dan keluarga besarnya menjalankan ibadah ke Mekkah.

Dari 100 bibit Kurma tersebut, sebagian di antaranya telah ditanam oleh Walikota Pariaman, Genius Umar di taman bunga Pantai Kata. Rencana Genius, bibit Kurma itu akan disebar di sejumlah lokasi asalkan tanahnya cocok untuk pohon tersebut.

"Semoga bisa tumbuh subur dan kelak menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan saat berkunjung ke Pariaman," kata Genius Umar di Pariaman, Senin (25/1).

Salam Pulungan sendiri memang dikenal sebagai pegawai yang "mengamalkan" anjuran mantan Bupati Padangpariaman legendaris medio 1980-1990, Anas Malik agar PNS bertani dan beternak untuk menambah penghasilan.

Salam Pulungan selain menanam Kurma juga menanam pohon Gaharu, dan memiliki sejumlah Kambing yang ia ternakkan sudah sejak belasan tahun lalu.

Sebagai ASN ia juga dikenal rajin. Ia selalu datang paling awal dan pulang paling akhir. Saat menjabat sebagai Lurah Jati Hilir, Salam Pulungan dekat dengan warga dan kantor selalu buka sesuai jam kerja. Begitu juga saat ia bertugas di Bagian Humas, ia juga punya hubungan emosional yang dekat dengan wartawan.

"Pak Salam Pulungan berjiwa tani. Beliau juga tanam Gaharu dan aneka jenis buah-buahan. Pemko Pariaman mengucapkan terima kasih atas pemberian bibit Kurma ini," kata Genius.

Menurut Salam Pulungan, 100 bibit Kurma yang ia berikan ke Pemko Pariaman tersebut jenis Kurma Khalas yang sudah berhasil ia tanam di Pariaman.

"Ini cocok di tanam di Pariaman, apalagi di area pantai dengan tanah berpasir," kata Salam.

Ia berharap pohon Kurma yang ia beli si Mekkah saat menjalankan ibadah umrah tersebut, tumbuh subur di Pariaman dan kelak akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan sebagaimana harapan walikota.

"Pohon Kurma tak perlu perawatan khusus karena memang dikenal pohon yang mampu tumbuh di cuaca tandus di tanah Arab. Semoga juga bisa tumbuh subur di Pariaman," kata Salam. (Juned/OLP)