Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seluruh Bantaran Sungai di Pariaman akan Ditanami dengan Tanaman Kebun

22 Januari 2021 | 22.1.21 WIB Last Updated 2021-01-22T03:53:30Z

Didampingi sejumlah pejabat eselon dua, Genius Umar tinjau balai pembibitan tanaman hortikultura Sumatra Barat di Padang. Foto: Phaik

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar akan memanfaatkan seluruh bantaran sungai yang ada di kota Pariaman sebagai taman edukasi wisata dengan menanam berbagai jenis budidaya tanaman kebun atau hortikultura.

"Di samping melestarikan lingkungan sekitar bantaran sungai, sekaligus untuk sarana edukasi bagi pengunjung akan kekayaan hortikultura," kata Genius Umar saat mengunjungi Balai Pembibitan Benih dan Hortikultura Provinsi Sumatra Barat di Padang, Kamis (21/1).

Di samping itu, sambung Genius, pemanfaatan tanaman kebun pada situasi pandemi Covid-19 juga akan mendukung program ketahanan pangan daerah dan bernilai edukasi bagi anak Pariaman untuk mengenal beragam kekayaan Hortikultura di Indonesia.

Pemko Pariaman sendiri telah mendata seluruh bantaran sungai yang ada di Pariaman yang belum diberdayakan. Bekerjasama dengan Balai Pembibitan Benih dan Hortikultura Sumbar, Genius akan mendapat akses mudah akan apa saja jenis tanaman kebun yang akan dibudidayakan di kota Pariaman.

"Tadi kita sudah keliling melihat pembibitan, baik pembibitan berbagai jenis benih tanaman maupun pembenihan ikan. Kita akan sinkronisasikan program Balai Benih dengan program pemanfaatan bantaran sungai Pemko Pariaman," kata Genius.

Kepala UPTD Balai Benih Induk Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Elviana Anwar mengatakan program yang dicanangkan walikota Pariaman sejalan dengan program Kementerian Pertanian yang mendukung pemerintah daerah melakukan gerakan percepatan olah tanam sebagai lahan produktif.

"Tentu saja kita siap bersinergi karena program yang disampaikan walikota sangat mendukung program Kementan. Kita siap mendukung pelestarian lingkungan dengan pemanfaatan bantaran sungai di kota Pariaman," kata Elviana. (Phaik/OLP)

×
Berita Terbaru Update