Peringati HAB ke-75, Genius Umar Sampaikan Amanat Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas


Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar sampaikan amanat Menteri Agama yang baru Yaqut Cholil Qoumas pada peringatan hari amal bakhti (HAB) ke-75 di MTS Negeri 1 Pariaman, Selasa (5/1).

Amanat tersebut disampaikan dihadapan para guru MAN, MIN, MTS, KUA dan seluruh penyuluh agama di kota Pariaman.

Amanat menteri agama dalam peringatan HAB bertemakan 'Indonesia Rukun' tersebut menitikberatkan tentang semangat Yaqut Cholil Qoumas dalam mengelola kementerian agama.

"Bangsa Indonesia deri generasi kegenerasi harus bisa menjaga komitmen nasional tentang landasan bernegara di tengah dahsyatnya percaturan global di bidang geo politik, ekonomi, kebudayaan, ilmu pengetahuan, teknologi dan lainnya," kata Genius mengutip pidato Yaqut Cholil.

Disamping mengutip pidato menteri agama, untuk kota Pariaman genius mengajak agar jajaran Kemenag Pariaman menjadikan agama sebagai ispirisasi dan penyemangat bagi masyarakat dalam membangun kota Pariaman.

Selama ini, sambung Genius, Pemko Pariaman selalu menjadikan agama sebagai landasan pembangunan sumber daya manusia. Hal itu telah diwujudkan dalam berbagai program, seperti satu penyuluh agama satu desa, pengajian MDA, MDTW dan MDTU.

"Hal ini sejalan dengan semangat menteri agama dan kita dengan penuh semangat menjalankan program tersebut," imbuhnya.

Genius Umar mengatakan Pemko Pariaman selalu mengayomi ummat dengan membangkitkan kembali semangat religius masyarakat Pariaman yang mayoritas beragama Islam.

Diantaranya dengan kembali mengaktifkan program reamaja masjid, mencanangkan salat berjamaah subuh dan magrib di masjid dan musala.

"Tapi karena pandemi Covid-19 kita mesti mematuhi protokol kesehatan dan program tersebut sementara terkendala," ujarnya.

Pada peringatan HAB ke-75 itu, Genius Umar juga menyerahkan tanda kehormatan Satya Lencana Karyasatya Presiden RI kepada tiga orang PNS di lingkungan Kemenag Kota Pariaman. (Tim/OLP)