Mengenal Pickleball, Olahraga Baru yang Kejurnas Perdanya akan Digelar di Pariaman

Walikota dan sejumlah pejabat mainkan pickleball di pendopo rumah dinas walikota Pariaman. Foto: Junaidi

Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar bertekad jadikan Pariaman sebagai tuan rumah kejuaran nasional olahraga Pickleball di indonesia.

Pickleball merupakan cabang olahraga yang baru masuk di Indonesia tahun lalu dan belum banyak dikenal di Asia. Indonesia merupakan negara kelima di dunia yang mengenal pickleball sehingga peluang meraih prestasi di cabor ini cukup luas.

Di Pariaman, pickleball dikenalkan oleh Tarmizi Mawardi - seorang perantau asal Pariaman dari New York, Amerika Serikat. Pickleball gabungan dari tenis meja, tenis lapangan dan bulutangkis

"Olahraga ini sangat mudah dimainkan dan juga sangat mengasyikkan," ujar Genius Umar saat memainkan olahraga itu di Pendopo Walikota Pariaman, Minggu (24/1).

Rencananya, kata Genius, gedung olahraga Pauah Pariaman akan menjadi arena pickleball eksebisi kejuaraan nasional pickleball Indonesia. Ia memastikan Gor Pauah akan dilengkapi fasilitas pickleball pedana di tanah air.

"Pickleball adalah olahraga yang sangat mudah dimainkan dan menyehatkan. Di masa pandemi ini, pickleball berguna meningkatkan imunitas tubuh sebagaimana olahraga lainnya," kata Genius.

Selain itu, olahraga pickleball juga akan dijadikan sebagai sport tourism Pariaman. Olahraga tersebut memiliki daya tarik tersendiri dan akan mengundang perhatian para wisatawan.

"Orang akan penasaran dan akan datang melihat olahraga jenis baru yang akan menunjang sektor sport tourism yang sudah kita gagas sejak lima tahun lalu," pungkasnya.

Tarmizi Mawardi sendiri merupakan pelatih pickleball bersertifikat internasional. Ia mengatakan setelah di diperkenalkan di kota Padang, dirinya penuh semangat memperkenalkan cabang olahraga pickleball ke kampung halamannya, Pariaman.

"Alhamdulillah mendapat tanggapan positif Pak Walikota Genius Umar. Bahkan Kota Pariaman akan memiliki GOR khusus pickleball di masa mendatang. Ini sambutan yang luar biasa dari Pak Wali," ujar Tarmizi yang menetap di New York City.

Tarmizi juga akan terus memperkenalkan olahraga pickleball di berbagai daerah lainnya. Karena olahraga ini sudah populer di Amerika, ia yakin olahraga tersebut akan berkembang menjadi olahraga populer lainnya.

"Yang pertama kita lakukan adalah untuk melatih para atlit dan pelatih guna menyebarkanya memasyarakatkan pickleball. Lalu membentuk kepengurusan Cabang Pickleball di Kota Pariaman agar ketika menggelar eksibisi telah mempunyai atlit dan pelatih serta pengurus," pungkasnya
Logo Pickleball Indonesia.

Pickleball adalah olahraga yang dimainkan dengan semacam alat pemukul dan menggunakan bola khusus yang dimainkan di atas lapangan berukuran lebar 20 kaki dan panjang 44 kaki yang dipisahkan oleh sejenis net tenis lapangan.

Lapangan pickleball terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sisi kanan/sisi genap dan sisi kiri/sisi ganjil serta zona non-voley. Servis dilakukan secara diagonal ke area lawan dengan pukulan rendah. Bola dipukul kembali melewati net hingga salah seorang pemain tidak mampu mengembalikan bola ke lapangan lawan atau gagal mengikuti ketentuan tertentu.

Poin dihitung hanya untuk sisi yang melakukan servis. Jika server berhasil memenangkan reli maka server akan memperoleh poin. Server akan terus melakukan servis kecuali jika server melakukan kesalahan dan kalah dalam reli. Bagi yang terlebih dahulu memperoleh poin 11 dan memimpin dengan minimal 2 skor di atas lawan maka dianggap menang.

Sebagai contoh jika kedua sisi seri dengan skor 10 maka permainan dilanjutkan hingga salah satu sisi berhasil memimpin 2 poin di atas poin lawan. Permainan ini dapat dilakukan single atau double. Namun permainan ini lebih populer dimainkan double.

Sarana Prasana

Lapangan pickleball, lapangannya hampir sama dengan dengan lapangan bulu tangkis yang mana hampir di semua sekolah tersedia.

Paddle (nama alat pemukul) atau raket dalam tenis dan badminton, Padle terbuat dari fiber yang tak akan rusak dalam waktu sangat lama dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mengganti dan memasang senar raket.

Bola, bahan yang digunakan untuk pembuatan bola adalah dari plastik yang tahan lama bisa digunakan sampai 3 bulan sehingga secara ekonomis lebih menghemat biaya.

Mudah dan menyenangkan

Karena permainan ini mudah dan menyenangkan yang bisa dimainkan oleh orang yang tidak mempunyai dasar motorik yang baik, sehingga dari anak-anak hingga manula bisa memainkan dalam waktu yang lama.

Permainan pickleball dengan bola yang terbuat dari karet dan berlubang sehingga laju bola lambat sehingga siapapun bisa memainkan tanpa mengalami kesulitan, dalam bermain akan terjadi relly yang panjang sehingga siapapun yang bermain akan merasa senang. (Juned/OLP/*)