Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kota Pariaman Mulai Besok Lakukan Vaksinasi Covid-19 Gelombang Pertama

27 Januari 2021 | 27.1.21 WIB Last Updated 2021-01-27T12:25:35Z

Seluruh vaksin yang diterima Pemko Pariaman dari Dinas Kesehatan Sumbar disimpan di gudang farmasi Dinas Kesehatan Pariaman dalam suhu di bawah 2 derajat celcius. Foto: Junaidi

Pariaman - Tenaga kesehatan di seluruh kota Pariaman akan menerima vaksninasi Covid-19 gelombang pertama setelah vaksin jenis Sinovac Biofarma diterima hari ini oleh Pemko Pariaman dari Dinas Kesehatan Sumatra Barat.

"Mulai besok kita mulai lakukan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga kesehatan sebagai penerima vaksin gelombang pertama," ujar Walikota Pariaman Genius Umar usai menerima 1.880 vaksin Covid-19 di Balaikota Pariaman, Rabu (27/1).

Kedatangan vaksin Covid-19 dikawal oleh Satuan Brimob Polda Sumbar dan diikuti oleh personil Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Sumbar. Vaksin dalam kotak pendingin tersebut kemudian disimpan dibawah pengawalan personel Polres Pariaman di gudang Farmasi Dinas Kesehatan Kota Pariaman di Desa Air Santok, Pariaman Timur.

"Ribuan vaksin mulai besok akan digunakan bagi tenaga kesehatan per dua dosis. Kita menargetkan hingga 25 Februari seluruh tenaga kesehatan tervaksinasi Covid-19," sambung Genius.

Setelah pemberian vaksin bagi seluruh tenaga kesehatan, kata Genius, vaksin akan diberikan bagi seluruh pejabat pemerintahan termasuk kepala daerah, Forkopimda, tokoh masyarakat, sektor pelayanan publik dan masyarakat.

"Tidak ada cara lain melawan pandemi selain vaksinasi yang telah teruji oleh WHO dan BPOM juga telah menerima sertifikasi halal dari MUI," imbuh Genius.

Genius menjamin selama vaksin disimpan di gudang farmasi, suhunya tetap terjaga sesuai standar yang direkomendasikan. Penjagaan oleh aparat kepolisian guna mengantisipasi penyalahgunaan vaksin oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah mengatakan pelaksanaan vaksin akan dilaksanakan di empat rumah sakit dan tujuh puskesmas yang ada di kota Pariaman.

Sebelumnya, kata Nazifah, teknis vaksinasi dan sosialisasi telah dia sampaikan kepada para pimpinan pukesmas dan rumah sakit agar vaksinasi yang dilakukan besok berjalan sesuai rencana dan target.

"Target vaksinasi kota Pariaman sama dengan target nasional sebanyak 70 persen dan insya Allah target tersebut bisa kita capai," kata dia. (Juned/OLP)

×
Berita Terbaru Update