Seribuan Tenaga Honor Pemko Terima Zakat ASN yang Dikelola Baznas Pariaman

Walikota Genius Umar bersama Ketua LKKS dr Lucyanel GU didampingi Ketua Baznas Pariaman Haji Bagindo Jamohor serahkan zakat ASN bagi seribuan tenaga honor Pemko Pariaman. Foto: Junaidi

Pariaman - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pariaman salurkan zakat ASN bagi 1.793 tenaga honorer di lingkup Pemko Pariaman di Balairung Pendopo Walikota Pariaman, Selasa (29/12).

Menurut Ketua Baznas Pariaman, Haji Bagindo Jamohor, zakat ASN yang disalurkan bagi tenaga honorer total seluruhnya mencapai Rp 627,55 juta dengan masing-masing penerima senilai Rp 350 ribu.

"Selain itu ditambah bedah empat rumah bekerjasama dengan LKKS Pariaman senilai Rp 80 juta. Masing-masing penerima bedah rumah terima bantuan Rp 20 juta. Dengan total zakat Rp 627.550.000 ditambah bedah rumah menjadi Rp 707.505.000 pada program Pariaman Peduli," sebutnya.

Walikota Pariaman Genius Umas usai penyaluran zakat Baznas tersebut berharap zakat yang diberikan kepada tenaga honorer membawa manfaat di tengah pandemi Covid-19 meski Genius bilang jumlahnya tidak seberapa.

"Jika sekarang menerima zakat, niatkan ke depannya sebagai pemberi zakat. Semoga dilancarkan rejekinya agar niat tersebut terwujud," kata Genius.

Ribuan tenaga honorer yang menerima zakat ASN tersebut mulai dari tenaga kebersihan, petugas Satpol PP dan Damkar, tenaga honor Dinas Perhubungan, Kominfo, guru honor dan tenaga honor yang diperbantukan di berbagai dinas di Pemko Pariaman.

Genius juga memuji Baznas Pariaman yang menargetkan pemberian zakat kepada tenaga honorer dan berbagai program inovasi Baznas lainnya yang menyasar para mustahiq atau penerima yang dianggap layak.

"Setelah saya tanyakan kepada pengurus Baznas tenaga honorer masuk dalam kategori salah satu mustahiq yang berhak menerima zakat," tandasnya. (Junaidi/OLP)