Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jelang Akhir Tahun Serapan Anggaran Pemkab Padangpariaman Masih 70 Persen

9 November 2020 | 9.11.20 WIB Last Updated 2020-11-09T07:20:45Z


Paritmalintang - Menjelang akhir tahun, Kepala Inspektorat Kabupaten Padangpariaman, Hendra Aswara mengingatkan percepatan penyerapan anggaran bagi seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Kemudian, kata Hendra, setiap OPD harus memacu percepatan realisasi belanja APBD khusus untuk penanganan pandemi Covid-19. Sampai akhir Oktober, serapan anggaran masih di bawah 70 persen.

Hal itu disampaikan Hendra Aswara saat workshop Sistim Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Aula IKK, Parit Malintang, Senin (9/11).

“Sesuai arahan Bapak Bupati, kita harus pacu serapan anggaran karena waktu kita tinggal satu bulan lagi,” kata Hendra Aswara.

Peran APIP, kata Hendra, mengawal realisasi fisik dan keuangan pemerintah daerah. Ia menyebutkan APBD Kabupaten Padangpariaman yang totalnya Rp 1,4 triliun harus segera ditindaklanjuti semua OPD, maksimal dalam bekerja hingga akhir tahun nanti.

“Dari data yang kami peroleh, realisasi belanja dan pendapatan masih di bawah 70%. Tetapi kami optimistis akhir November nanti bisa mencapai 80 persen seperti yang ditargetkan,” sambung Hendra.

Mantan Kabag Humas itu mengingatkan OPD untuk tidak hanya fokus pada proyek pembangunan yang berskala besar, melainkan juga pada pembangunan skala kecil. Hal tersebut dimaksudkan agar serapan anggaran lebih maksimal di akhir tahun.

"Jadi, untuk pekerjaan-pekerjaan kecil seperti penujukan langsung tanpa lelang agar segera dikerjakan. Jangan terpaku dengan pekerjaan besar, sehingga serapan anggarannya bisa maksimal,” pungkasnya. (Tim)

×
Berita Terbaru Update