Wali Feri Usung Program Insentif Lansia Miskin, Guru Honor dan Bantuan Hibah Bagi Petani dan Nelayan


Sicincin - Calon Bupati Padangpariaman nomor urut 2 Tri Suryadi alias Wali Feri, ikuti senam bersama dengan para wanita lanjut usia (lansia) di Pauah Sicincin, kecamatan 2x11 Enam Lingkung, Selasa (20/10).

Wali Feri mengatakan sebelum jadi calon bupati, ia juga sering membaur dengan wanita lansia untuk mendengar keluhan mereka. Seperti janda yang ditinggal suami, wanita lansia di atas 65 tahun yang ke semua anaknya di rantau hingga para lansia miskin yang terpaksa bekerja di usia senjanya.

"Jika saya terpilih jadi bupati, janda miskin, wanita usia lanjut, lansia bekerja di usia senjanya, akan jadi salah satu fokus utama kami bersama Andah Taslim," kata Wali Feri di Sicincin.

Wali Feri mengatakan semua orang nantinya akan tua jika panjang umur. Para lansia menurutnya mesti jadi perhatian pemerintah agar para lansia tetap bahagia menjalani kehidupan mereka di masa senja.

"Saya juga punya seorang Ibu lansia, 80 tahunan. Saya memahami betul para lansia tidak boleh diabaikan, apalagi oleh anak-anak mereka. Okelah jika anak-anaknya mampu, hal itu bisa diwujudkan," imbuh Wali Feri.

Dari data yang dimilikinya, Wali Feri menyebut ribuan lansia di Padangpariaman harus bekerja keras. Baik untuk menghidupi diri mereka sendiri, maupun karena masih ada tanggungan.

"Ini mesti kita tanggung. Negara harus hadir untuk mereka. Karena itu kita akan berikan insentif bulanan bagi lansia yang masih kerja dan janda miskin melalui program yang sudah kita rumuskan," tegasnya.

Wali Feri menyebut hampir seluruh warga Padangpariaman enggan memasukkan keluarga mereka ke panti jompo karena malu. Karena paham akan hal itu, pemberian insentif merupakan jalan keluar terbaik untuk memperbaiki kesejahteraan lansia.

Pada kesempatan itu Wali Feri mengatakan ia akan fokus pada pembangunan ekonomi sektor riil jika terpilih nanti. Kesejahteraan petani dan nelayan juga akan menjadi fokus utamanya.

"Mayoritas warga Padangpariaman petani dan nelayan. Kita punya program hibah Rp 100 juta untuk masing kelompok tani dan kelompok nelayan. Rp 100 juta dalam bentuk hibah bantuan pupuk gratis bagi tiap kelompok tani dan Rp 100 juta bagi tiap kelompok nelayan dalam bentuk hibah bantuan alat tangkap ikan," bebernya.

Wali Feri sengaja buka-bukaan akan program yang akan ia jalankan jika terpilih nanti yang rencananya baru akan ia buka pada saat debat kandidat nanti.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kesejahteraan tenaga pengajar, kata suami Ernida Puspita ini, Tri Suryadi-Taslim juga akan naikkan insentif guru honor dan memastikan dana sertipikasi guru diterima tepat waktu.

"Kenaikan pangkat guru, administrasinya satu pintu agar guru-guru berprestasi tidak direpotkan oleh birokrasi," tandasnya.

Di samping itu, sejumlah program pro rakyat lainnya akan dibeberkan Wali Feri pada saat debat kandidat nanti.  (OLP)